Sukajaya, I Gusti Ngurah Agung Susila (2025) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK SATUA BALI I PENGANGON BEBEK PADA TOPIK SETIAP KOMPONEN MEMILIKI PERAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA SISWA DI KELAS III SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031322-COVER.pdf Download (656kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031322-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031322-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031322-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031322-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031322-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031322-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031322-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031322-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pop-up book satua Bali i pengangon bebek dengan topik setiap komponen memiliki peran guna meningkatkan kemampuan literasi budaya siswa kelas III SD, yang telah teruji dari segi validitas, kepraktisan, dan keefektivitasannya. Penelitian ini menggunakan teknis analisis data kualitatif dan kuantitatif dengan metode tes, skala penilaian, dan kuesioner. Subjek penelitian ini melibatkan pop-up book dan 19 siswa kelas III SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pop-up book berbentuk cetak memuat budaya satua Bali dengan topik "setiap komponen memiliki peran," (2) pop-up book dinyatakan layak berdasarkan uji ahli media (4,77) dan uji ahli materi (4,89) dengan kualifikasi sangat baik, (3) pop-up book dinyatakan praktis berdasarkan uji coba oleh pengguna, dengan persentase 97,7% dan 96,9%, keduanya sangat baik, (4) efektivitas penggunaan pop-up book satua Bali i pengangon bebek pada topik "setiap komponen memiliki peran" terbukti dapat meningkatkan kemampuan literasi budaya siswa kelas III SD, dengan nilai uji-t sebesar 0,01 yang menunjukkan signifikansi lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%). Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa pop-up book satua Bali i pengangon bebek layak, praktis, dan efektif sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi budaya siswa kelas III SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pop-Up Book, Satua Bali, Literasi Budaya, IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gusti Ngurah Agung Susila Sukajaya |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 03:47 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 03:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23476 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |