Wulandari, Katarina Ni Made Sonia Putri (2025) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN MENTAL SET BELAJAR SISWA KELAS IV SD MUATAN IPAS MATERI FOTOSINTESIS. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031077-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031077-ABSTRAK.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031077-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031077-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031077-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (543kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031077-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031077-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031077-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (462kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031077-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Pop-Up Book digital berbasis pembelajaran metakognitif yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemandirian serta mental set belajar siswa kelas IV SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yang terdiri atas lima tahap utama: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) penerapan, dan (5) evaluasi. Subjek penelitian ini adalah media Pop-Up Book digital berbasis pembelajaran metakognitif, sedangkan objeknya mencakup aspek validitas, kepraktisan, dan efektivitas dari produk yang dihasilkan. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen berupa angket atau kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) produk yang dikembangkan memiliki validitas tinggi dengan nilai rata-rata untuk aspek media sebesar 0,95 dan aspek materi 0,95 yang mengindikasikan produk sangat layak digunakan; (2) kepraktisan media berdasarkan respon siswa mendapatkan skor rata-rata 90%, yang termasuk dalam kategori sangat baik; (3) hasil uji-t berkolerasi menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001 atau p < 0,05, yang berarti bahwa Pop-Up Book digital berbasis pembelajaran metakognitif pada materi fotosintesis efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar dan mental set belajar siswa kelas IV SD. Berdasarkan hasil penelitian, rekomendasi diberikan untuk meningkatkan kualitas media pembelajaran dengan memperkuat integrasi teknologi secara mendalam, merancang desain yang lebih interaktif dan ramah anak, serta mengembangkan aktivitas pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk lebih mandiri sekaligus mengasah kemampuan mental set belajar mereka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Pop-Up Book Digital, Metakognitif, Kemandirian Belajar, Mental Set, Model ADDIE. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Katarina Ni Made Sonia Putri Wulandari |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 05:29 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 05:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23477 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |