Mirayani, Komang (2025) PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA INGGRIS KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031116-COVER.pdf Download (800kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031116-ABSTRAK.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031116-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text (KAJIAN TEORI)
2111031116-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031116-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (487kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031116-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (775kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031116-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031116-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031116-LAMPIRAN.pdf Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara dan keterampilan menulis Bahasa Inggris siswa kelas V SD. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berupa animasi berbasis masalah kontekstual yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan keterampilan menulis bahasa Inggris siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah media animasi berbasis masalah kontekstual. Objek dalam penelitian ini adalah aspek validitas, kepraktisan dan efektivitas dari produk yang dihasilkan. Pengumpulan data dilakukan melalui intrumen observasi, dan tes. Uji coba produk melibatkan siswa kelas V SDN 4 Banyuasri yang berjumlah 32 siswa. Data dari hasil pre-test dan post-test dianalisis menggunakan uji t dengan sampel berkolerasi untuk mengetahui efektivitas produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) media animasi berbasis masalah kontekstual yang dikembangkan memiliki validitas tinggi dilihat dari nilai rata-rata untuk aspek materi sebesar 0,86 dan aspek media sebesar 0,89 yang mengindikasikan produk sangat layak digunakan; (2) kepraktisan media berdasarkan respon siswa memperoleh skor rata-rata 90% yang berada pada kategori sangat baik; (3) hasil uji-t berkolerasi menunjukkan signifikasi (2-tailed) sebesar 0.001 atau p < 0,05 yang berarti bahwa animasi berbasis masalah kontekstual efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara dan keterampilan menulis Bahasa Inggris kelas V SD. Media animasi berbasis masalah kontekstual yang valid, praktis dan efektif diharapkan mampu mendorong peningkatan keterampilan berbicara dan menulis bahasa Inggris siswa kelas V sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan animasi, masalah kontekstual, keterampilan berbicara, keterampilan menulis, model ADDIE. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Komang Mirayani |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 05:31 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 05:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23478 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |