Paramitha, Ni Kadek Dwi (2025) PENGEMBANGAN FRAMEWORK GEOMETRI BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031505-COVER.pdf Download (500kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031505-ABSTRAK.pdf Download (134kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031505-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031505-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031505-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031505-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031505-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031505-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031505-LAMPIRAN.pdf Download (18MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media framework geometri berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan metakognitif dan pemahaman matematis siswa pada muatan Matematika kelas V SD yang valid, praktis dan efektif. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (Research & Development) dan menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode dari pengumpulan data menggunakan instrument kuisioner dan tes uraian. Data dari validitas media bersumber dari ahli materi Matematika dan ahli media pembelajaran. Data dari kepraktisan media bersumber pada 9 orang siswa kelas V SD. Pengujian untuk mengukur efektivitas produk dilakukan dengan menggunakan desain one group pretest posttest pada jumlah sampel sebanyak 32 orang siswa kelas V SD. Hasil dari data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian media framework geometri berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan metakognitif dan pemahaman matematis siswa kelas V SD dinyatakan (1) valid ditinjau pada aspek isi, materi, dan media pembelajaran Matematika; (2) praktis ditinjau dari perspektif siswa; (3) efektif untuk meningkatkan kemampuan metakognitif dan pemahaman siswa kelas V SD pada materi Matematika. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran framework geometri berbasis etnomatematika yang telah dikembangkan, dinyatakan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan metakognitif dan pemahaman matematis siswa kelas V SD, sehingga layak digunakan secara berkelanjutan pada kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | geometri, etnomatematika, metakognitif, pemahaman matematis, sekolah dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Dwi Paramitha |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 05:37 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 05:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23487 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |