Puspita, Nyoman Asih (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING BERBANTUAN MEDIA GEOBOARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS VIII I GUSTI NGURAH RAI DENPASAR BARAT. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031451-COVER.pdf Download (858kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031451-ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031451-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (319kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031451-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031451-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (627kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031451-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031451-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031451-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031451-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran probing prompting berbantuan media geoboard terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Gugus VIII I Gusti Ngurah Rai Denpasar Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu penelitian eksperimen dengan desain eksperimen semu (Quasi-Eksperimental Design) dengan menggunakan rancangan yaitu post-test only control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 514 seluruh siswa kelas IV SDN Gugus VIII I Gusti Rai Denpasar Barat. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas IV SDN 18 Padangsambian sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 orang dan siswa kelas IV SDN 5 Padangsambian sebagai kelas kontrol dengan banyak 29 orang. Metode pengumpulan data yaitu tes dengan menggunakan instrumen tes pilihan ganda. Data hasil penelitian di analisis dengan teknik statistik inferensial (uji-t) polled varians. Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata skor post-test pada kelas eksperimen 88,33 yang berada pada kategori tinggi, sedangkan rata-rata skor post-test pada kelas kontrol 70,69 yang berada pada kategori sedang pada tabel PAP dengan skala 5 (Lima). Hasil analisis uji- t diperoleh thitung = 9,255 dan ttabel = 2,002 pada taraf signifikan 5% dengan dk = 57, sehingga thitung = 9,255 > ttabel = 2,002 maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berbunyi terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika yang dibelajarkan dengan model pembelajaran probing prompting berbantuan media geoboard dan hasil belajar matematika yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran probing prompting berbantuan media geoboard. Maka dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran probing prompting berbantuan media geoboard terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Gugus VIII I Gusti Ngurah Rai Denpasar Barat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Probing Prompting, Geoboard, Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Nyoman asih puspita |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 06:48 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 06:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23526 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |