Prasasti, Sayu Putu Arsiningsih (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKA-TEKI SILANG INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI IPAS SEPERTI APAKAH BUDAYA DAERAHKU PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SEMPIDI TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031279-COVER.pdf Download (930kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031279-ABSTRAK.pdf Download (425kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031279-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (396kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031279-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (676kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031279-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031279-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031279-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031279-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (509kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031279-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran teka-teki silang interaktif berbasis problem based learning pada materi IPAS, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran teka-teki silang interaktif berbasis problem based learning pada materi IPAS, dan (3) mengetahui efektivitas media pembelajaran teka-teki silang interaktif berbasis problem based learning pada materi IPAS. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) hasil uji rancang bangun memperoleh skor 92,5% dengan kualifikasi sangat baik, (2) kelayakan media pembelajaran teka-teki silang berbasis problem based learning berdasarkan hasil uji materi pembelajaran memperoleh skor 95,45%, hasil uji desain pembelajaran memperoleh skor 91,67%, hasil uji media pembelajaran memperoleh skor 91,67%, uji perorangan memperoleh skor 93,33%, dan uji kelompok kecil memperoleh skor 94,44% dengan keseluruhan persentase skor berada pada kualifikasi sangat baik, serta (3) hasil uji efektivitas produk memperoleh t-hitung = 14,999 > t-tabel = 1,706 pada taraf signifikansi 5% untuk dk = 26 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran teka-teki silang interaktif berbasis problem based learning. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran teka-teki silang interaktif berbasis problem based learning layak dan efektif diterapkan dalam pembelajaran materi seperti apakah budaya daerahku mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas V SD Negeri 2 Sempidi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: ADDIE, Media Pembelajaran Teka-teki Silang Interaktif, Problem Based Learning, IPAS, Seperti Apakah Budaya Daerahku |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Sayu Putu Arsiningsih Prasasti |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 06:39 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 06:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23527 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |