PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKA-TEKI SILANG INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI IPAS SEPERTI APAKAH BUDAYA DAERAHKU PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SEMPIDI TAHUN AJARAN 2024/2025

Prasasti, Sayu Putu Arsiningsih (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKA-TEKI SILANG INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI IPAS SEPERTI APAKAH BUDAYA DAERAHKU PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SEMPIDI TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031279-COVER.pdf

Download (930kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031279-ABSTRAK.pdf

Download (425kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031279-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (396kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031279-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031279-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031279-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031279-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031279-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (509kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031279-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran teka-teki silang interaktif berbasis problem based learning pada materi IPAS, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran teka-teki silang interaktif berbasis problem based learning pada materi IPAS, dan (3) mengetahui efektivitas media pembelajaran teka-teki silang interaktif berbasis problem based learning pada materi IPAS. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) hasil uji rancang bangun memperoleh skor 92,5% dengan kualifikasi sangat baik, (2) kelayakan media pembelajaran teka-teki silang berbasis problem based learning berdasarkan hasil uji materi pembelajaran memperoleh skor 95,45%, hasil uji desain pembelajaran memperoleh skor 91,67%, hasil uji media pembelajaran memperoleh skor 91,67%, uji perorangan memperoleh skor 93,33%, dan uji kelompok kecil memperoleh skor 94,44% dengan keseluruhan persentase skor berada pada kualifikasi sangat baik, serta (3) hasil uji efektivitas produk memperoleh t-hitung = 14,999 > t-tabel = 1,706 pada taraf signifikansi 5% untuk dk = 26 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran teka-teki silang interaktif berbasis problem based learning. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran teka-teki silang interaktif berbasis problem based learning layak dan efektif diterapkan dalam pembelajaran materi seperti apakah budaya daerahku mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas V SD Negeri 2 Sempidi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: ADDIE, Media Pembelajaran Teka-teki Silang Interaktif, Problem Based Learning, IPAS, Seperti Apakah Budaya Daerahku
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Sayu Putu Arsiningsih Prasasti
Date Deposited: 20 Feb 2025 06:39
Last Modified: 20 Feb 2025 06:39
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23527

Actions (login required)

View Item View Item