Jaya, I Made Satria Ari (2025) PENGEMBANGAN E-KAMUS MENGENAI GERAK DASAR TARI BARIS BERBASIS BAHASA ISYARAT SIBI PADA MATA PELAJARAN SBDP MATERI POLA LANTAI TARI DAERAH KELAS VI SEKOLAH TUNARUNGU SUSHRUSA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031051-COVER.pdf Download (887kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031051-ABSTRAK.pdf Download (479kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031051-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (402kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031051-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031051-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (816kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031051-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031051-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031051-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (376kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031051-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan rancang bangun media E-Kamus gerak dasar tari Baris berbasis bahasa isyarat SIBI pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) siswa tunarungu di Sekolah Tunarungu Sushrusa, (2) untuk mengetahui validitas media E-Kamus gerak dasar tari Baris berbasis bahasa isyarat SIBI pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) siswa tunarungu ditinjau dari isi, desain, media, uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji coba lapangan di Sekolah Tunarungu Sushrusa, (3) untuk mengetahui efektivitas dari media E-Kamus gerak dasar tari Baris berbasis bahasa isyarat SIBI pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) siswa tunarungu di Sekolah Tunarungu Sushrusa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data dilaksanakan melalui metode non-tes berupa lembar penilaian unjuk kerja untuk menilai hasil keterampilanmenari tari Bali khususnya tari Baris. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) rancang bangun media audio berdasarkan hasil penilaian ahli rancang bangun sebesar 95% yang dikualifikasikan sangat baik, (2) media E-Kamus Gerak Dasar Tari Baris ini dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian ahli isi pembelajaran sebesar 93,33% yang dikualifikasikan sangat baik, penilaian ahli desain pembelajaran sebesar 95% yang dikualifikasikan sangat baik, penilaian ahli media pembelajaran sebesar 95% yang dikualifikasikan sangat baik, uji coba perorangan sebesar 94,44% yang dikualifikasikan sangat baik, dan uji coba kelompok kecil sebesar 93,40% yang dikualifikasikan sangat baik, (3) berdasarkan uji t sample dependent diperoleh t_hitung= 7,233. Sedangkan nilai t_tabel harga pada taraf signifikansi 5% dan dk = n – 1 = 6 – 1 = 5 diperoleh nilai t_tabel = 2,571. Hasil tersebut menunjukkan t_hitung = 7,233 > t_tabel = 2,571. Hasil tersebut menunjukkan t_hitung> t_tabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa media E-Kamus Gerak Dasar Tari Baris berbasis bahasa isyarat SIBI efektif diterapkan pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) siswa tunarungu Sekolah Tunarungu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: pengembangan, media E-Kamus Gerak Dasar Tari Baris, bahasa Isyarat SIBI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Made Satria Ari Jaya |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 04:18 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 04:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23530 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |