PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBASIS MASALAH MUATAN IPA MATERI MEMAKAN DAN DIMAKAN PADA SUATU EKOSISTEM SISWA KELAS V TAHUN AJARAN 2024/2025 SD NO. 4 DALUNG

Aryanti, Kadek Diva (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBASIS MASALAH MUATAN IPA MATERI MEMAKAN DAN DIMAKAN PADA SUATU EKOSISTEM SISWA KELAS V TAHUN AJARAN 2024/2025 SD NO. 4 DALUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031247-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031247-ABSTRAK.pdf

Download (807kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031247-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (606kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031247-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (741kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031247-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031247-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031247-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031247-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (613kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031247-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran flipbook berbasis masalah muatan IPA, (2) mengetahui kualitas media pembelajaran flipbook berbasis masalah muatan IPA, dan (3) mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran flipbook berbasis masalah muatan IPA. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) hasil uji rancang bangun memperoleh skor 92,5% dengan kategori sangat baik, (2) kualitas media pembelajaran flipbook berbasis masalah berdasarkan hasil uji isi/materi pelajaran memperoleh skor 86,67%, hasil uji desain pembelajaran memperoleh skor 93,33%, hasil uji media pembelajaran memperoleh skor 93,33%, uji perorangan memperoleh skor 97,5%, dan uji kelompok kecil memperoleh skor 98,61% dengan keseluruhan persentase skor berada pada kategori sangat baik dan baik, serta (3) hasil uji efektivitas produk memperoleh thitung = 13,091 > ttabel = 1,701 pada taraf signifikansi 5% untuk dk = 28 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran flipbook berbasis masalah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk flipbook berbasis masalah efektif diterapkan pada muatan pelajaran IPA khususnya materi memakan dan dimakan pada suatu ekosistem kelas V di SD No. 4 Dalung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Flipbook
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Diva Aryanti
Date Deposited: 20 Feb 2025 04:35
Last Modified: 20 Feb 2025 04:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23541

Actions (login required)

View Item View Item