Putri, Ni Kadek Bintang Yulinda (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) BERBANTUAN MEDIA BOARD GAME TERHADAP SIKAP KEBANGSAAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV GUGUS VI KUTA SELATAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031198-COVER.pdf Download (830kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031198-ABSTRAK.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031198-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031198-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (530kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031198-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (530kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031198-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031198-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031198-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031198-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) berbantuan media board game terhadap sikap kebangsaan pada mata pelajaran pendidikan pancasila pada siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment), dengan desain non equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD berjumlah 195 orang. Sampel diambil menggunakan cluster random sampling, sebanyak 28 siswa kelas IV SD No. 5 Ungasan sebagai kelompok eksperimen dan 28 siswa kelas IV SD No. 7 Ungasan sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dengan instrumen lembar observasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan pengujian hipotesis yang diperoleh yaitu melalui perhitungan uji-t dengan taraf signifikan (a) 0.05 diperoleh t_hitung= 3,970 dan t_tabel= 1,674. Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh t_hitung > t_tabel sehingga H_0 ditolak dan H_1diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model Value Clarification Technique (VCT) berbantuan media board game terhadap sikap kebangsaan siswa. Penelitian ini berimplikasi pada proses pembelajaran dapat menjadi lebih efektif dan efisien dalam menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada siswa pada mata pelajaran pancasila. Hal ini diharapkan dapat membantu siswa mengembangkan sikap kebangsaan yang sesuai dengan harapan dan tujuan pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata kunci : Model Value Clarification Technique, Sikap Kebangsaan, Pendidikan Pancasila |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Bintang Yulinda Putri |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 06:29 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 06:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23555 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |