Ayu Fitriani, Komang (2024) DEVELOPMENT OF LEARNING VIDEO MEDIA FOR CLASS V SOCIAL STUDIES COURSES AT STATE ELEMENTARY SCHOOL 4 PANJI IN THE 2023/2024 ACADEMIC YEAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1711021020_COVER.pdf Download (882kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1711021020_ABSTRAK.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711021020_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1711021020_BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711021020_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711021020_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711021020_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711021020_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1711021020_LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mendeskripsikan proses pengembangan media video pembelajaran, (2) untuk mendeskripsi hasil validitas media video pembelajaran. Subjek penelitian ini yaitu, 1 ahli isi pembelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 orang siswa sebagai responden uji coba perorangan dan 9 orang siswa sebagai responden uji coba kelompok kecil. Proses pengembangan media video pembelajaran menggunakan model pengembangan Hannafin and Peck yang terdiri dari 3 fase utama diantaranya, fase penilaian kebutuhan, fase desain, fase pengembangan dan implementasi diikuti fase evaluasi dan revisi disetiap fase utamanya. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah kuesioner/angket. Media video pembelajaran yang dikembangkan sudah dikatakan valid berdasarkan (a) hasil validitas ahli isi pembelajaran menunjukkan skor 93% (sangat baik), (b) hasil validitas ahli desain pembelajaran menunjukkan skor 88% (baik), (c) hasil validitas ahli media pembelajaran menunjukkan skor 93% (sangat baik), (d) hasil validitas uji coba perorangan menunjukkan skor 92,7% (sangat baik), dan (e) hasil validitas uji coba kelompok kecil menunjukkan skor 93,8% (sangat baik). Berdasarkan hasil uji ahli dan uji coba perorangan serta uji coba kelompok kecil tersebut, media video pembelajaran “Interaksi Manusia dengan Lingkungan” diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa dalam proses pembelajaran pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video pembelajaran, IPS, hannafin and peck, pengembangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Komang Ayu Fitriani |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 23:53 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 23:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23580 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |