Ardana, I Ketut Satria (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERKEARIFAN LOKAL BALI DALAM IMPLEMENTASI COGNITIVE FLEXIBILITY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN DECISION MAKING SISWA KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031070-COVER.pdf Download (779kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031070-ABSTRAK.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031070-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031070-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (524kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031070-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031070-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031070-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031070-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031070-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan decision making siswa di SD, rendahnya wawasan mengenai kearifan lokal Bali, kurang optimalnya model pembelajaran yang digunakan, dan pemanfaatan media pembelajaran pada kegiatan pembelajaran yang belum optimal. Adapun tujuan penelitian ini, yaitu: (1) menghasilkan prototype media pembelajaran interaktif berkearifan lokal Bali dalam implementasi cognitive flexibility learning pada materi Ekosistem Kelas V SD, (2) mengetahui validitas hasil dari pengembangan media pembelajaran interaktif berkearifan lokal Bali dalam implementasi cognitive flexibility learning pada materi Ekosistem Kelas V SD, (3) mengetahui kepraktisan media pembelajaran interaktif berkearifan lokal Bali dalam implementasi cognitive flexibility learning pada materi Ekosistem Kelas V SD, dan (4) mengetahui efektivitas media pembelajaran interaktif berkearifan lokal Bali dalam implementasi cognitive flexibility learning untuk meningkatkan decision making siswa pada materi Ekosistem Kelas V di SD Negeri 8 Bungkulan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE, yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan angket/kuisioner. Instrumen yang dipergunakan untuk mengumpulkan data yaitu pedoman observasi, lembar rating scale, pedoman wawancara, lembar dan angket/kuisioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) prototype media pembelajaran interaktif terdiri atas tampilan awal, tampilan login, tampilan menu utama, dan tampilan akhir, (2) indeks validitas media dan materi dari media pembelajaran interaktif masing-masing yaitu 0,943 dan 0,937 dengan predikat validitas sangat tinggi, (3) Tingkat pencapaian respon siswa dan praktisi guru masing-masing sebesar 93,26 % dan 94,40 % dengan kualifikasi sangat baik, (4) media pembelajaran interaktif yang dilihat dari nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t berkorelasi menunjukan angka 0,000, lebih kecil dari 0,05, sehingga media pembelajaran interaktif ini efektif untuk meningkatkan decision making siswa pada materi Ekosistem Kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media, kearifan, cognitive flexibility learning, decision making, IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Ketut Satria Ardana |
Date Deposited: | 21 Feb 2025 03:45 |
Last Modified: | 21 Feb 2025 03:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23605 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |