PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN BENTUK TES FORMATIF BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

ISMAIL, NAUVAL SYAFIQ (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN BENTUK TES FORMATIF BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229021007-COVER.pdf

Download (311kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229021007-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
2229021007-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (143kB)
[img] Text (KAJIAN TEORI)
2229021007-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
2229021007-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229021007-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (793kB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
2229021007-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229021007- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229021007-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dampak model Problem-Based Learning (PBL) dan penggunaan tes formatif yang dirancang untuk menilai Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada kemampuan berpikir kritis siswa. Desain quasi-eksperimental dengan Non equivalent Control Group Design digunakan, yang melibatkan dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan model PBL dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pengajaran Konvensional. Data dikumpulkan melalui tes lisan dan esai untuk mengevaluasi keterampilan berpikir kritis siswa. Temuan menunjukkan bahwa model PBL memiliki efek positif yang signifikan dalam meningkatkan pemikiran kritis siswa. Selain itu, penggunaan tes formatif berbasis HOTS ditemukan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa secara signifikan. Kombinasi model pembelajaran dan jenis tes formatif menghasilkan peningkatan paling signifikan dalam keterampilan berpikir kritis dalam kelompok eksperimen. Studi ini merekomendasikan agar guru memperluas penggunaan model PBL dan menggabungkan penilaian berbasis HOTS untuk menumbuhkan pemikiran kritis, yang sangat penting untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan global.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Tes Formatif, High Order Thingking Skill, Kemampuan Berfikir Kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2)
Depositing User: NAUVAL SYAFIQ ISMAIL
Date Deposited: 28 Feb 2025 02:57
Last Modified: 28 Feb 2025 02:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23632

Actions (login required)

View Item View Item