Pratiwi, Ni Made Teja (2025) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning Pada Muatan Ipas Indonesiaku Kaya Alamnya Berorientasi Kearifan Lokal Bali Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031163-COVER.pdf Download (652kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031163-ABSTRAK.pdf Download (53kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031163_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031163-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031163-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031163-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031163-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031163-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031163-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang didasari kurangnya ketersediaan media pembelajaran yang inovatif dalam kegiatan pembelajaran, serta belum ditemukan media pembelajaran dengan terintegrasi kearifan lokal Bali. Selain itu, kurangnya penggunaan model pembelajaran yang menyebabkan peserta didik merasa cepat bosan. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan dari produk yang dikembangkan yaitu multimedia pembelajaran interaktif berbasis model problem based learning berorientasi kearifan lokal Bali terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD pada materi Indonesiaku kaya alamnya. Pada penelitian ini model penelitian yang digunakan yaitu model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Untuk mengumpulkan data pada penelitian ini menggunakan metode tes dan kuesioner. Hasil uji kevalidan pada media mendapatkan memperoleh indeks kelayakan media sebesar 4,73 dan kelayakan materi 4,6 sehingga dikategorikan sangat baik, selain itu pada hasil analisis oleh para ahli praktisi, presentase yang diperoleh untuk kepraktisan oleh guru sebesar 94% dan siswa sebesar 94,4%, dan dapat dikategorikan sangat baik. Pada uji efektivitas ditemukan bahwa angka signifikan menunjukkan < 0,001, sehingga bisa ditarik simpulan bahwasanya terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis materi Indonesiaku kaya alamnya sebelum belajar menggunakan media dan setelah menggunakan media. Jadi, dapat disimpulkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis model PBL berorientasi kearifan lokal Bali terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD pada topik Indonesiaku kaya alamnya layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ADDIE, Multimedia, Kemampuan berpikir kritis, Indonesiaku Kaya Alamnya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Teja Pratiwi |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 01:42 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 01:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23645 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |