PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PAYANGAN

Darmayoga, I Komang (2025) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PAYANGAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2114041021-COVER.pdf

Download (714kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2114041021-ABSTRAK.pdf

Download (272kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2114041021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (291kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
2114041021-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2114041021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114041021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2114041021-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114041021-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2114041021-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan media pembelajaran digital dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila serta efektivitasnya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Payangan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik purposive sampling dalam menentukan subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Lumio by Smart sebagai media pembelajaran digital mampu menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik. Siswa menunjukkan peningkatan motivasi belajar yang ditandai dengan antusiasme yang tinggi, semangat dalam pembelajaran, kepercayaan diri dalam memahami materi, partisipasi aktif, memiliki kemampuan konsentrasi yang lebih tinggi, serta pemahaman materi yang lebih baik. Guru juga merasakan manfaat dalam penyampaian materi yang lebih variatif dan menarik. Selain itu, tanggapan siswa dan guru terhadap penggunaan media pembelajaran digital sangat positif, di mana siswa merasa lebih termotivasi dan guru terbantu dalam mengelola kelas. Dengan demikian, Lumio by Smart dapat menjadi alternatif inovatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Pancasila.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Digital, Motivasi Belajar, Pendidikan Pancasila, Lumio by Smart
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1)
Depositing User: I Komang Darmayoga
Date Deposited: 28 Feb 2025 01:12
Last Modified: 28 Feb 2025 01:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23662

Actions (login required)

View Item View Item