PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING (CRT) TERHADAP LITERASI BUDAYA DAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS IV SD

Daniswara, I Gusti Bagus Made Bramanta (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING (CRT) TERHADAP LITERASI BUDAYA DAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031311-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031311-ABSTRAK.pdf

Download (214kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031311-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (545kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031311-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031311-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031311-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031311-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031311-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (648kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031311-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh model Problem Based Learning dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching terhadap literasi budaya dan interaksi sosial siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi-eksperimental) dengan rancangan Nonequivalent Pre-Test Post Test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus VII Kecamatan Tabanan. Sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling dengan kelas yang dirandom sebagai intact group. Sampel penelitian ini kelompok eksperimen yaitu kelas IV SDN 3 Bongan yang berjumlah 21 orang dan kelas yang dijadikan kelompok kontrol yaitu kelas IV SDN 2 Bongan yang berjumlah 19 orang. Data penelitian dikumpulkan menggunakan metode non tes dengan instrumen kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji Manova. Berdasarkan hasil test of between-subject effects dilihat bahwa nilai signifikan untuk literasi budaya dan interaksi sosial sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian dari hasil uji Manova diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh signifikan model Problem Based Learning dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching terhadap literasi budaya dan interaksi sosial siswa kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PBL, CRT, Literasi Budaya, Interaksi Sosial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gusti Bagus Made Bramanta Daniswara
Date Deposited: 05 Mar 2025 01:22
Last Modified: 05 Mar 2025 01:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23672

Actions (login required)

View Item View Item