PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN BERBASIS PANCA PRAMANA PADA MUATAN IPA UNTUK MENSTIMULASI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

SARI, NI MADE ANGGRENI NOPITA (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN BERBASIS PANCA PRAMANA PADA MUATAN IPA UNTUK MENSTIMULASI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031206-COVER.pdf

Download (772kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031206-ABSTRAK.pdf

Download (229kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031206-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (204kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031206-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031206-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031206-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031206-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031206-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031206-LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

PeneIitian ini diIatarbeIakangi oleh rendahnya keterampiIan berpikir kritis siswa keIas IV di Sekolah Dasar, terutama daIam materi lPA, serta kurang optimaInya pemanfaatan media pembeIajaran di keIas. Tujuan dari peneIitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan video pembeIajaran tentang perkembangbiakan tumbuhan berbasis Panca Pramana, (2) meniIai vaIiditas video pembeIajaran tersebut, (3) mengukur kepraktisan penggunaan video, dan (4) mengevaIuasi efektivitas video daIam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas lV di peIajaran IPA. PeneIitian ini mengadopsi model ADDIE yang meIiputi anaIisis, desain, pengembangan, impIementasi, dan evaIuasi. PengumpuIan data diIakukan melalui angket/kuesioner dan tes. Instrumen yang digunakan adalah angket dan soaI tes. HasiI peneIitian menunjukkan bahwa: (1) video pembeIajaran perkembangbiakan tumbuhan berbasis Panca Pramana berhasiI dikembangkan untuk meningkatkan keterampiIan berpikir kritis siswa kelas lV di materi IPA, (2) vaIiditas materi mencapai 0,94 dan validitas media 0,95, keduanya masuk daIam kategori sangat tinggi, (3) kepraktisan media memperoIeh skor 3,9 yang termasuk kategori sangat praktis, dan (4) niIai signifikansi (2-tailed) pada uji-t adalah 0,001, yang Iebih keciI dari 0,05 (taraf signifikansi 5%), menunjukkan bahwa video pembeIajaran tersebut efektif daIam meningkatkan keterampiIan berpikir kritis siswa kelas lV SekoIah Dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video pembeIajaran, perkembangbiakan tumbuhan, Panca Pramana, keterampilan berpikir kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Anggreni Nopita Sari
Date Deposited: 11 Mar 2025 10:42
Last Modified: 11 Mar 2025 10:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23693

Actions (login required)

View Item View Item