E-COMMERCE UNTUK MEMBANTU PROMOSI DAN PENJUALAN MARTALOKA KONVEKSI

Merta, I Wayan (2025) E-COMMERCE UNTUK MEMBANTU PROMOSI DAN PENJUALAN MARTALOKA KONVEKSI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2255013032-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2255013032-ABSTRAK.pdf

Download (621kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2255013032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (554kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2255013032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2255013032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2255013032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2255013032-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2255013032-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (357kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2255013032-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam era globalisasi dan perkembangan teknologi informasi yang pesat, pemanfaatan e-commerce telah menjadi kebutuhan esensial bagi perusahaan untuk meningkatkan efisiensi, akurasi, dan aksesibilitas informasi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem e-commerce guna membantu promosi dan penjualan di Martaloka Konveksi, sebuah UMKM di Kota Singaraja yang bergerak di bidang konveksi dan sablon. Dengan memanfaatkan metode Waterfall yang meliputi tahap perencanaan, analisis, desain, implementasi, pengujian, serta operasi dan perawatan, penelitian ini merancang sebuah website berbasis PHP, JavaScript, dan MySQL yang didukung oleh framework Laravel versi 9. Hasil pengujian sistem dilakukan menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) dengan 20 responden, menghasilkan nilai 80,125 dengan grade B (Excellent), yang menunjukkan user experience yang baik. Selain itu, pengujian blackbox terhadap 25 skenario pada fitur admin dan customer menunjukkan seluruh skenario berhasil diuji dengan status terpenuhi. Sistem ini telah mempermudah admin dalam mengelola data produk, transaksi, dan pesanan pelanggan, serta memberikan pengalaman berbelanja yang terstruktur, mudah, dan nyaman bagi pengguna. Dengan penerapan e-commerce, diharapkan sistem ini mampu memperluas jangkauan pasar, meningkatkan visibilitas, menciptakan pengalaman pelanggan yang optimal, dan memberikan keuntungan kompetitif bagi Martaloka Konveksi dalam menghadapi persaingan di era digital.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: e-commerce, promosi, penjualan, UMKM, sistem informasi, metode Waterfall, Laravel, System Usability Scale, pengujian blackbox
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak (D4)
Depositing User: I WAYAN MERTA
Date Deposited: 14 Mar 2025 02:12
Last Modified: 14 Mar 2025 02:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23711

Actions (login required)

View Item View Item