Pramesti, Ni Made Nadia Savita Astin (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN TANDA BACA BERBASIS CERITA MANIK ANGKERAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III B SD NO. 1 KEROBOKAN KAJA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031476-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031476-ABSTRAK.pdf Download (666kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031476-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (662kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031476-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (718kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031476-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031476-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031476-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (744kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031476-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (606kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031476-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) merancang bangun media papan tanda baca berbasis cerita Manik Angkeran untuk meningkatkan keterampilan menulis Bahasa Indonesia, (2) mengetahui kelayakan media berdasrkan validasi ahli serta uji coba kepada praktisi dan sisiwa, dan (3) menguji efektivitas terhadap peningkatan keterampilan menulis siswa kelas III sekolah dasar. Penelitian pengembangan ini menerapkan model ADDIE. Penelitian ini mengumpulkan data melalui uji validasi ahli, uji coba produk, serta test keterampilan menulis berupa pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) rancang bangun media papan tanda baca berbasis cerita Manik Angkeran dikembangkan dalam bentuk papan berukuran 50x50 cm, menggunakan triplek berlapis stiker digital, serta dilengkapi komponen, seperti pion,dadu, kartu permainan, dan video stimulus berbasis qr code. (2) Dari segi kelayakan media papan tanda baca berbasis cerita Manik Angkeran memperoleh hasil validasi yang sangat baik, dari ahli isi/materi pelajaran sebesar 95%, ahli desain instruksional sebesar 92,5%, validasi ahli media pembelajaran 95,45%, serta hasil subjek uji coba praktisi(kepala sekolah dan guru wali kelas III B) 92,5%, uji coba perorangan 95%, dan uji coba kelompok kecil 93,88%. (3) Hasil uji efektivitas menunjukan peningkatan keterampilan menulis siswa, dengan rata-rata nilai pre-test 60,35 meningkat dengan rata-rata post-test 83,08. Berdasarkan uji-t sample dependent, diperoleh thitung = 15,504 > ttabel = 2,060, hal ini menunjukan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan media papan tanda baca berbasis cerita Manik Angkeran layak serta efektif sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis Bahasa Indonesia siswa kelas III, khususnya dalam penggunaan tanda baca.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Papan Tanda Baca, Manik Angkeran, Keterampilan Menulis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Nadia Savita Astin Pramesti |
Date Deposited: | 14 Mar 2025 04:07 |
Last Modified: | 14 Mar 2025 04:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23748 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |