Maharani, I Gusti Ayu Intan (2025) PENGARUH PENERAPAN ETNOMATEMATIKA JEJAHITAN BALI BERBANTUAN VIDEO ANIMASI MATERI BANGUN DATAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS V SD DI GUGUS 1 ABIANSEMAL TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031325-COVER.pdf Download (675kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031325-ABSTRAK.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031325-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031325-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031325-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031325-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031325-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031325-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031325-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah di sekolah dasar masih rendah, hal ini disebabkan oleh guru yang masih menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan etnomatematika jejahitan Bali berbantuan video animasi terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V pada materi bangun datar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu eksperimen dengan menggunakan eksperimen semu dengan desain penelitian menggunakan posttest only control grup design. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan dua kelompok sampel, yaitu kelas eksperimen yang terdiri atas 32 siswa dan kelas kontrol yang terdiri atas 35 siswa. Metode dan instrument pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yakni tes uraian sebanyak 15 soal. Teknik analisis data menggunakan analisis statistic inferensial. Uji hipotesis menggunakan rumus uji t. Namun sebelum dilakukan uji hipotesis dilakukan uji prasyarat meliputi uji normalitas dan homogenitas. Hasil uji prasyarat menunjukkan bahwa kedua sampel memiliki distribusi normal dan varians homogen. Analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (dk) = 65 menunjukkan nilai t hitung sebesar 21,398 yang lebih besar daripada nilai t tabel sebesar 1,997, sehingga hipotesis nol (H₀) ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan etnomatematika jejahitan Bali berbantuan video animasi memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa. Dengan adanya penelitian ini diharapkan mampu menjadi bahan bacaan atau referensi bagi guru dan pembaca dalam menerapkan etnomatematika budaya bali dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | etnomatematika, jejahitan Bali, video animasi, kemampuan pemecahan masalah, bangun datar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gusti ayu intan maharani |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 00:36 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 00:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23760 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |