PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOK INTERAKTIF PROBLEM BASED LEARNING MATERI SEJARAH PERJUANGAN BANGSA INDONESIA MUATAN IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI 12 SESETAN

Pradipta, I Komang Rama (2025) PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOK INTERAKTIF PROBLEM BASED LEARNING MATERI SEJARAH PERJUANGAN BANGSA INDONESIA MUATAN IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI 12 SESETAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031270-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031270-ABSTRAK.pdf

Download (258kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031270-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (190kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031270-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031270-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (851kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031270-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031270-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031270-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031270-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui Rancang bangun media E-Book Interaktif Problem Based Learning Materi Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia Muatan IPAS Siswa Kelas V SD Negeri 12 Sesetan, (2) Untuk mengetahui kelayakan media E-Book Interaktif Problem Based Learning Materi Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia ditinjau dari uji ahli isi, uji ahli desain, uji ahli media, uji perorangan, dan uji kelompok kecil kelas V SD Negeri 12 Sesetan, (3) Untuk mengetahui efektivitas media E-Book Interaktif Problem Based Learning Materi Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia Muatan IPAS Siswa Kelas V SD Negeri 12 Sesetan. Dalam penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui tes objektif pilihan ganda, kuesioner, dan Teknik analisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian adalah (1) Rancang bangun media E-Book Interaktif dengan hasil penilaian dari ahli rancang bangun sebesar 90,9% dengan kualifikasi (Sangat Baik), (2) media E-Book Interaktif dinyatakan layak berdasarkan penilaian uji ahli isi mata pelajaran sebesar 90% dengan kualifikasi (Sangat Baik), uji ahli desain instrukdional sebesar 90,9% dengan kualifikasi (Sangat Baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 91,1% dengan kualifikasi (Sangat Baik), uji coba perorangan sebesar 90% dengan kualifikasi (Sangat Baik), dan uji coba kelompok kecil sebesar 90,5% dengan kualifikasi (Sangat Baik), (3) Berdasarkan hasil uji-t berkorelasi diperoleh hasil thitung = 11,36. Kemudian harga thitung dibandingkan dengan harga ttabel dengan db 25 dan taraf signifikan 5% (α = 0,05) adalah 2,060. Hal ini berarti thitung > ttabel (11,36 > 2,060) , sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa media E-Book Interaktif Problem Based Learning efektif untuk diterapkan pada materi Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia muatan IPAS pada siswa kelas V SD Negeri 12 Sesetan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: E-Book Interaktif, Problem Based Learning, IPAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I komang rama pradipta
Date Deposited: 18 Mar 2025 00:38
Last Modified: 18 Mar 2025 00:38
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23761

Actions (login required)

View Item View Item