Putri, Putu Sashi Suryani Artawan (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKA-TEKI SILANG INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI MAGNET PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD NO. 2 SEDANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031138-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031138-ABSTRAK.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031138-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (381kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031138-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (553kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031138-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (823kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031138-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031138-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031138-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (272kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031138-LAMPIRAN.pdf Download (18MB) |
Abstract
Kurangnya media pembelajaran yang menarik dan interaktif, diidentifikasi sebagai tantangan dalam mengajarkan materi magnet dalam mata pelajaran IPAS untuk siswa kelas V. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran teka-teki silang interaktif berbasis problem-based learning, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran teka-teki silang interaktif berbasis problem-based learning, dan (3) mengetahui efektivitas media pembelajaran teka-teki silang interaktif berbasis problem-based learning. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) rancang bangun media teka-teki silang interaktif berbasis problem-based learning ini berbentuk digital (2) kelayakan media pembelajaran teka-teki silang interaktif berbasis problem-based learning berdasarkan hasil uji materi pembelajaran memperoleh skor 92,85%, hasil uji desain pembelajaran memperoleh skor 91,66%, hasil uji media pembelajaran memperoleh skor 90,90%, uji perorangan memperoleh skor 92,50%, dan uji kelompok kecil memperoleh skor 93,83% dengan keseluruhan persentase skor berada pada kualifikasi sangat baik, serta (3) hasil uji efektivitas produk memperoleh t-hitung = 9,999 > t-tabel = 1,703 pada taraf signifikansi 5% untuk db = 26 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran teka-teki silang interaktif berbasis problem-based learning. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran teka-teki silang interaktif berbasis problem-based learning layak dan efektif diterapkan dalam pembelajaran materi magnet pada mata pelajaran IPAS kelas V SD No. 2 Sedang Tahun Ajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Media Pembelajaran, Teka-Teki Silang Interaktif, Problem-Based Learning. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Sashi Suryani Artawan Putri |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 00:41 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 00:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23762 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |