PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TIGA DIMENSI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN IPAS MATERI DENAH TEMPAT TINGGALKU KELAS III SEKOLAH DASAR

Krisnawan, I Kadek Ricki (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TIGA DIMENSI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN IPAS MATERI DENAH TEMPAT TINGGALKU KELAS III SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031108-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031108-ABSTRAK.pdf

Download (818kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031108-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (635kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031108-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (998kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031108-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031108-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031108-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (741kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031108-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (628kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031108-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun, mengetahui hasil validitas ditinjau dari uji ahli isi, uji ahli desain instruksional, uji ahli media pembelajaran, uji pendidik, uji perorangan, dan uji kelompok kecil pada muatan IPAS materi denah tempat tinggalku kelas III sekolah dasar serta mengetahui efektivitas multimedia interaktif tiga dimensi berbasis problem based learning pada muatan IPAS materi denah tempat tinggalku kelas III sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data dilaksanakan melalui metode nontes berupa angket/kuesioner dan metode tes berupa tes hasil belajar. Hasil penelitian pengembangan ini terdiri dari (1) rancang bangun multimedia interaktif tiga dimensi berbasis problem based learning berupa flowchart dan storyboard berdasarkan tahapan model ADDIE untuk menghasilkan multimedia interaktif dengan objek tiga dimensi yang berbentuk file Microsoft Power Point dan dapat diakses melalui link Google Drive, (2) hasil validitas multimedia interaktif tiga dimensi dinyatakan sangat valid berdasarkan hasil penilaian ahli isi pembelajaran sebesar 94,64% yang dikualifikasikan sangat baik, penilaian ahli desain instruksional sebesar 93,75%yang dikualifikasikan sangat baik, penilaian ahli media pembelajaran sebesar 93,18% yang dikualifikasikan sangat baik, uji coba pendidik sebesar 94,79% yang dikualifikasikan sangat baik, uji coba perorangan sebesar 96,52% yang dikualifikasikan sangat baik, dan uji coba kelompok kecil sebesar 94,67% yang dikualifikasikan sangat baik, (3) berdasarkan hasil uji efektifitas menggunakan rumus uji t one sample diperoleh nilai thitung = 4,971 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dan dk= n – 1= 19 – 1= 18 diperoleh nilai ttabel=1,734. Hasil tersebut menunjukkan thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif 3D berbasis problem based learning muatan IPAS materi denah denah tempat tinggalku efektif diterapkan pada peserta didik sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: pengembangan, multimedia interaktif 3D, problem based learning, IPAS.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Kadek Ricki Krisnawan
Date Deposited: 18 Mar 2025 01:02
Last Modified: 18 Mar 2025 01:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23769

Actions (login required)

View Item View Item