PENGEMBANGAN BAHAN AJAR POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS OPEN ENDEDPROBLEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MUATAN MATEMATIKA KELAS V SD No. 1 PELAGA

Kartika, Dewa Ayu Bintang (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS OPEN ENDEDPROBLEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MUATAN MATEMATIKA KELAS V SD No. 1 PELAGA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031202-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031202-ABSTRAK.pdf

Download (245kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031202-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (701kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031202-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031202-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031202-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031202-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031202-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (484kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031202-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Studi ini dilakukan guna (1) Mendeskripsikan produksi media pengembangan materi pembelajaran powerpoint dinamis dengan basis open ended problem guna menumbuhkan keterampilan problem solving murid pada muatan matematika kelas V SD No. 1 Pelaga. (2)) Mengetahui kepantasan produk pengembangan materi pembelajaran powerpoint dinamis dengan basis open ended problem guna menumbuhkan kerampilan problem solving murid pada muatan matematika kelas V SD No. 1 Pelaga. (3) Memahami efisiensi penerapan pengembangan materi pembelajaran powerpoint dinamis dengan basis open ended problem guna menumbuhkan kerampilan problem solving murid pada muatan matematika kelas V SD No. 1 Pelaga. Riset ini memakai metode penelitian Research & Development dengan kerangka pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pengumpulan data pada riset ini dilaksanakan dengan subjek penelitian sejumlah 24 orang. Uji normalitas pre- test menghasilkan Dmax 0,104 < Dtabel 0,269 di samping itu, hasil uji normalitas post- test peserta didik mendapat Dmax 0,193 < Dtabel 0,269 maka bisa diambil simpulan, H0 diterima maka sampel berdistribusi normal. Uji homogenitas pre-test dan postest menghasilkan Fhitung 1,119 < Ftabel 4.050 maka dapat disimpulkan bahwa sampel homogen. Berdasarkan hasil uji-t didapat thitung 9,851 dan ttabel dengan dk = 23 pada taraf signifikansi 5% adalah 2,069 dengan demikian H0 disanggah, H1 diterima. Menurut standar uji coba, oleh karena itu bisa disebutkan bahwa ada variasi yang berarti capaian pembelajaran siswa di antara sebelum serta setelah memakai Bahan ajar powerpoint dinamis dengan basis open ended problem untuk materi pecahan kelas V diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pengembangan, ADDIE, Matematika, Bilangan Pecahan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Dewa Ayu Bintang Kartika
Date Deposited: 20 Mar 2025 01:18
Last Modified: 20 Mar 2025 01:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23788

Actions (login required)

View Item View Item