Soka, Ni Putu Dea Ryastina (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA (KEBUDI) BERBASIS FLIPBOOK INTERAKTIF BERMUATAN WARISAN BUDAYA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS III SD NO 1 KEROBOKAN KELOD. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031157-COVER.pdf Download (841kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031157-ABSTRAK.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031157-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (389kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031157-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (386kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031157-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031157-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031157-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (569kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031157-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (464kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031157-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini didasarkan atas permasalahan kurangnya inovasi penggunaan media pembelajaran yang berkaitan dengan keragaman budaya di lingkungan sekitar sehingga mempengaruhi tingkat pengetahuan siswa serta berpengaruh pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran KEBUDI, (2) mengetahui kelayakan kelayakan media pembelajaran KEBUDI, (3) mengetahui efektivitas media pembelajaran KEBUDI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE dan subjek dalam penelitian ini yakni tiga orang ahli dan 28 orang siswa kelas III SD No. 1 Kerobokan Kelod. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan non tes dengan instrumen berupa wawancara, angket/kuisioner, dan tes. Data kemudian dianalisis melalui analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitaif, dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rancang bangun media media pembelajaran KEBUDI yakni berupa flipbook interaktif dilengkapi dengan komponen seperti: tampilan awal, identitas pengembang, menu, petunjuk penggunaan, tujuan pembelajaran, materi, video pembelajaran, evaluasi dan games, serta penutup yang digambarkan melalui flowchart dan storyboard yang merupakan gambaran alur dari model pengembangan ADDIE, (2) hasil uji kelayakan media pembelajaran KEBUDI layak digunakan dalam proses pembelajaran berdasarkan: (a) hasil review ahli isi mata pelajaran memperoleh skor 95% (sangat baik), (b) hasil review ahli desain pembelajaran memperoleh skor 93,75% (sangat baik), (c) hasil review ahli media pembelajaran memperoleh skor 95% (sangat baik), (d) hasil uji coba perorangan memperoleh skor 98% (sangat baik), (e) hasil uji coba kelompok kecil memperoleh skor 99,11% (sangat baik), serta (3) hasil uji efektivitas memperoleh thitung sebesar 3,801, sedangkan ttabel dengan taraf signifikansi 5% dan dk = 28 - 1 = 27 adalah 2,052. Hal ini menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (3,801 > 2,052), sehingga H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa rerata hasil post-test siswa lebih dari atau sama dengan nilai KKTP sesudah digunakan produk Media Pembelajaran Keragaman Budaya Indonesia (KEBUDI) berbasis Flipbook Interaktif bermuatan Warisan Budaya pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas III SD No. 1 Kerobokan Kelod.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Media pembelajaran, KEBUDI, Flipbook Interaktif, Warisan Budaya, Pendidikan Pancasila |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Dea Ryastina Soka |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 01:20 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 01:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23791 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |