Devi, Ni Putu Kaori Candra (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MUATAN IPAS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI KEGIATAN EKONOMI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031034-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031034-ABSTRAK.pdf Download (665kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (639kB) |
![]() |
Text (BAAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (768kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031034-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (591kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031034-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (655kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031034-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa terhadap konsep kegiatan ekonomi serta kurangnya keterkaitan materi dengan konteks nyata menjadi tantangan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis Problem-Based Learning (PBL), menganalisis validitasnya, serta menguji efektivitasnya dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa terhadap kegiatan ekonomi dengan mengaitkan materi pada potensi kearifan lokal. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari 38 siswa kelas IV SD, ahli materi, ahli desain, dan ahli media pembelajaran. Data dikumpulkan melalui angket validasi, tes pemahaman siswa, serta observasi selama implementasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif untuk menilai validitas media serta uji-t untuk mengukur efektivitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran berbasis PBL memiliki tingkat validitas yang sangat baik menurut para ahli, dengan persentase penilaian rata-rata di atas 90%. Selain itu, hasil uji-t menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil pre-test dan post-test siswa (thitung = 9,620 > ttabel = 1,687), yang mengindikasikan bahwa video pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa terhadap kegiatan ekonomi. Implikasi penelitian ini menegaskan bahwa integrasi model PBL dengan media berbasis video dapat menjadi solusi inovatif dalam pembelajaran IPAS, terutama dalam menghubungkan teori ekonomi dengan konteks kehidupan nyata serta menumbuhkan kesadaran terhadap potensi ekonomi berbasis kearifan lokal dan mampu membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Video Pembelajaran, Problem-Based Learning, Kegiatan Ekonomi, Pendidikan Dasar, Kearifan Lokal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Kaori Candra Devi |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 01:21 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 01:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23793 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |