Pranata, I Nengah Teguh Wahyu (2025) PERJUANGAN IDA BAGUS NGURAH ADNYANA DI KABUPATEN BANGLI PADA MASA REVOLUSI FISIK SAMPAI ORDE BARU, NILAI-NILAI KARAKTER, DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2114021016 - COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2114021016 - ABSTRAK.pdf Download (966kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2114021016 - BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (553kB) |
![]() |
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2114021016 - BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (638kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2114021016 - BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (530kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114021016 - BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V PENUTUP)
2114021016 - BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (513kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114021016 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (664kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2114021016 - LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kiprah perjuangan Ida Bagus Ngurah Adnyana pada masa Revolusi Fisik sampai Orde Baru; (Nilai-nilai karakter yang dapat diambil dari sosok Ida Bagus Ngurah Adnyana; dan (3) Pengintegrasian kiprah perjuangan dan nilai-nilai karakter Ida Bagus Ngurah Adnyana dalam pembelajaran sejarah di SMA. Dengan menggunakan metode penelitian sejarah mencakup (1) heuristik (observasi, wawancara dan studi dokumen); (2) Kritik sumber (kritik intern dan kritik ekstern); (3) interpretasi; dan (4) historiografi melalui pendekatan kualitatif, hasil yang didapat adalah: (1) Ida Bagus Ngurah Adnyana merupakan anak ke-11 dari pasangan Ida Bagus Manuaba dan Sang Ayu Telabah. Pada masa Revolusi Fisik, Adnyana menjadi salah satu pimpinan Revolusi Fisik di Kabupaten Bangli yang merangkap intelejen dan bertugas membangun staf-staf perjuangan di desa-desa. Pada masa Orde Lama, Adnyana menjadi salah satu pimpinan Partai Nasional Indonesia Kabupaten Bangli dan menjabat sebagai Wakil Ketua DPR-GR. Pada masa Orde Baru Adnyana mengisi kemerdekaan dengan mengabdikan dirinya pada masyarakat; (2) Nilai-nilai karakter yang dapat diambil dari Ida Bagus Ngurah Adnyana adalah: (1) Nilai Nilai Kejujuran; (2) Nilai Kerja Keras; (3) Nilai Semangat Kebangsaan; (4) Nilai Cinta Tanah Air; (5) Nilai Peduli Sosial; (6) Nilai Berjiwa Wirausaha; (7) Nilai Mandiri; (8) Nilai Berani Mengambil Risiko; serta (8) Nilai Berorientasi Tindakan; (3) Kiprah perjuangan dan nilai-nilai karakter Ida Bagus Ngurah Adnyana dapat dijabarkan pada pembelajaran sejarah SMA Fase F (Kelas XII) semester 1 bab 1: Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perjuangan, nilai karakter, sumber belajar sejarah. |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sejarah (S1) |
Depositing User: | I Nengah Teguh Wahyu Pranata |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 03:26 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 03:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23796 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |