Pramesti, Raisha Dian (2025) AN ANALYSIS OF USING DUOLINGO APPLICATION IN LEARNING VOCABULARY OF 8th GRADE AT SMP N 1 MELAYA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2112021039-COVER.pdf Download (633kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112021039-ABSTRAK.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021039-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021039-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (520kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021039-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021039-BAB 4 HASIL DAN P;EMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021039-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021039-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112021039-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana guru Bahasa Inggris mengimplementasikan aplikasi Duolingo sebagai media pembelajaran kosa kata Bahasa Ingris in 8th grade Junior High School 1 Melaya dan untuk mengeksplore opini siswa kelas 8 terkait penggunaan aplikasi Duoling di SMP Negri 1 Melaya. Penelitian ini melibatkan seorang guru Bahasa Inggris dan seluruh siswa kelas 8 sebagai subjek penelitian. Temuan menunjukan bahwa guru mengintegrasikan aplikasi Duolingo selama tahap inti pembelajaran dengan melakukan elaborasi aktivitas pemanasan otak yang diadopsi dari latihan soal maupun materi dalam aplikasi Duolingo. Aktifitas inti penggunaan aplikasi Duolingo sebagai media pembelajaran dilakukan dengan membagi siswa kedalam beberapa kelompok dan kemudian guru menginstruksikan siswa untuk mengerjakan target pembelajaran yang tersedia dalam Duolingo dengan bagian dan unit yang telah ditetapkan oleh guru. Dalam pengerjaan target latihan soal dalam aplikasi Duolingo, guru memberikan syarat minimum score yang boleh diraih siswa untuk memastikan siswa memahami materi dengan baik. Selama proses pembelajaran secara berkelompok dengan menggunakan aplikasi Duolingo, siswa juga diminta mencatat setiap kosa kata baru yang ditemukan dalam latihan soal sekaligus menentukan jenis kosa katanya. Penilaian formatif dilakukan dengan mengevaluasi hasil score yang didapat siswa dan presentasi yang dilakukan siswa. Siswa melaporkan pembelajaran dengan menggunakan Duolingo memberikan pengalaman yang menarik dan efektif serta mampu meningkatkan keterampilan kosa kata mereka secara signifikan. Siswa menyoroti fitur-fitur yang interaktif dalam aplikasi Duolingo sebagai sesuatu yang memotivasi dan ramah pengguna yang menimbulkan kebiasaan belajar kosa kata yang konsisten.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aplikasi duolingo, gamifikasi, opini siswa, kosa kata, pembelajaran kosa kata |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Raisha Dian Pramesti |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 00:36 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 00:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23806 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |