Putra, Cok Gede Agung Ratmaja Dharma (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRY LEARNING MATERI MANFAAT KEBERAGAMAN DAN MELESTARIKAN BUDAYA MUATAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 3 SESETAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031468-COVER.pdf Download (821kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031468-ABSTRAK.pdf Download (393kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031468-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031468-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031468-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (651kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031468-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031468-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031468-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031468-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui rancang bangun Video Pembelajaran Berbasis Inquiry Learning Materi Manfaat Keberagaman dan Melestarikan Budaya Muatan IPAS kelas IV SD Negeri 3 Sesetan, (2) mengetahui kualitas Video Pembelajaran Berbasis Inquiry Learning Materi Manfaat Keberagaman dan Melestarikan Budaya muatan IPAS pada peserta didik kelas IV SD Negeri 3 Sesetan menurut para ahli, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil, (3) mengetahui efektivitas Video Pembelajaran Berbasis Inquiry Learning Materi Manfaat Keberagaman dan Melestarikan Budaya muatan IPAS pada peserta didik kelas IV SD Negeri 3 Sesetan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda, kuesioner, dan Teknik analisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian adalah (1) Rancang bangun video pembelajaran dengan hasil penilaian rancang bangun dari ahli rancang bangun dengan persentase 90,90% dengan kualifikasi (sangat baik). (2) Kualitas video pembelajaran menunjukkan hasil uji ahli isi muatan pelajaran sebesar 91,66% (sangat baik), uji ahli desain instruksional sebesar 90,62% (sangat baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 91,66% dengan kualifikasi (sangat baik), uji coba perorangan sebesar 91,66% (sangat baik), dan uji coba kelompok kecil sebesar 91,94% (sangat baik). (3) Efektivitas video pembelajaran berdasarkan uji-t berkolerasi diperoleh hasil t_hitung sebesar 12,51. Kemudian harga t_hitung dibandingkan dengan harga t_tabel. Harga t_tabel untuk db 36 dengan taraf signifikansi 5% (α = 0,05) adalah 2,028. Hal ini berarti t_hitung> t_tabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran berbasis Inquiry Learning efektif diterapkan pada materi manfaat keberagaman dan melestarikan budaya muatan IPAS pada peserta didik kelas IV di SD Negeri 3 Sesetan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Video Pembelajaran, Inquiry Learning, IPAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Cok Gede Agung Ratmaja Dharma Putra |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 05:54 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 05:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23807 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |