Tresnayanti, Ni Putu Hikari (2025) PENGEMBANGAN MEDIA QUESTION CARD DIGITAL BERBASIS TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031085-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031085-ABSTRAK.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031085-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031085-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031085-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (480kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031085-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031085-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031085-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031085-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media question card digital berbasis Tri Hita Karana materi fotosintesis kelas IV sekolah dasar yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dalam proses pengembangannya. Model pengembangan ini meliputi lima tahapan yaitu analisis (analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Subjek pengembangan ini adalah media question card digital berbasis Tri Hita Karana materi fotosintesis kelas IV sekolah dasar dan objeknya adalah validitas, kepraktisan, dan efektivitas media yang dikembangkan. Metode pengumpulan data meliputi kuisioner dan tes. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa (1) rancang bangun media ini memuat soal dan pembahasan yang disajikan dalam bentuk game dan tournament; (2) validitas media menggunakan rusus aiken memperoleh indeks validitas materi sebesar 0,93, indeks validitas ahli media sebesar 0,94 dengan kualifikasi validitas sangat tinggi; (3) kepraktisan media memperoleh nilai persentase respons praktisi sebesar 95,83% dan respons siswa 97,77% dengan kualifikasi kepraktisan sangat baik; (3) efektivitas media memperoleh nilai sig. < 0,05 yakni 0,000 < 0,05 sehingga H1 diterima. Dengan demikian media question card digital berbasis Tri Hita Karana efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi fotosintesis kelas IV sekolah dasar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | question card digital, Tri Hita Karana, berpikir kritis, IPAS |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Hikari Tresnayanti |
Date Deposited: | 22 Mar 2025 04:03 |
Last Modified: | 22 Mar 2025 04:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23825 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |