PENGEMBANGAN MEDIA QUESTION CARD DIGITAL BERBASIS TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SD

Tresnayanti, Ni Putu Hikari (2025) PENGEMBANGAN MEDIA QUESTION CARD DIGITAL BERBASIS TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031085-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031085-ABSTRAK.pdf

Download (308kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031085-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (308kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031085-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031085-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031085-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031085-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031085-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031085-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media question card digital berbasis Tri Hita Karana materi fotosintesis kelas IV sekolah dasar yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dalam proses pengembangannya. Model pengembangan ini meliputi lima tahapan yaitu analisis (analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Subjek pengembangan ini adalah media question card digital berbasis Tri Hita Karana materi fotosintesis kelas IV sekolah dasar dan objeknya adalah validitas, kepraktisan, dan efektivitas media yang dikembangkan. Metode pengumpulan data meliputi kuisioner dan tes. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa (1) rancang bangun media ini memuat soal dan pembahasan yang disajikan dalam bentuk game dan tournament; (2) validitas media menggunakan rusus aiken memperoleh indeks validitas materi sebesar 0,93, indeks validitas ahli media sebesar 0,94 dengan kualifikasi validitas sangat tinggi; (3) kepraktisan media memperoleh nilai persentase respons praktisi sebesar 95,83% dan respons siswa 97,77% dengan kualifikasi kepraktisan sangat baik; (3) efektivitas media memperoleh nilai sig. < 0,05 yakni 0,000 < 0,05 sehingga H1 diterima. Dengan demikian media question card digital berbasis Tri Hita Karana efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi fotosintesis kelas IV sekolah dasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: question card digital, Tri Hita Karana, berpikir kritis, IPAS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Hikari Tresnayanti
Date Deposited: 22 Mar 2025 04:03
Last Modified: 22 Mar 2025 04:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23825

Actions (login required)

View Item View Item