Soarnaya, Kadek (2025) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Teknik Dasar Belaan Berbasis Website Berorientasi Project Based Learning pada Mata Kuliah Teori dan Praktik Pembelajaran Pencak Silat. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2116011015-COVER.pdf Download (999kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2116011015-ABSTRAK.pdf Download (696kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2116011015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (594kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2116011015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (945kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2116011015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2116011015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2116011015-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (573kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2116011015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (553kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2116011015-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg & Gall. Model penelitian Borg & Gall terdiri dari sepuluh tahapan, yaitu:, 1) Penelitian awal dan pengumpulan data, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan draf produk, 4) Uji coba lapangan awal, 5) Revisi hasil uji coba, 6) Uji coba lapangan produk utama, 7) Revisi produk, 8) Uji coba lapangan skala luas/uji kelayakan, 9) Revisi produk akhir, 10) Desiminasi dan implementasi, dalam penelitian ini hanya mencapai tahap 9 karena terbatas biaya dan waktu. Subjek uji coba penelitian ini melibatkan ahli isi, ahli media, dan ahli desain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji ahli isi/materi pembelajaran memperoleh persentase sebesar 95% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 96% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli desain pembelajaran memperoleh persentase sebesar 90% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan memperoleh persentase sebesar 95,6% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 92,5% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba kelompok besar memperoleh persentase sebesar 93,9% dengan kualifikasi sangat baik dan uji kepraktisan memperoleh persentase sebesar 95,2% dengan kualifikasi sangat baik. Dapat disimpulkan pengembangan multimedia pembelajaran teknik dasar belaan berbasis website berorientasi project based learning pada mata kuliah teori dan praktik pencak silat yang dikemas ke dalam website google sites ini dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran pencak silat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Brog & Gall, Website, Pencak Silat |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Kadek Soarnaya |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 02:27 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 02:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23863 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |