Juliani, Made Dian (2025) TEACHING STRATEGY PREFERENCES OF MALE AND FEMALE ENGLISH TEACHERS IN SMPN 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2112021008-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112021008-ABSTRAK.pdf Download (454kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (994kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
2112021008-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021008-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (838kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112021008-LAMPIRAN.pdf Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang strategi pembelajaran yang paling sering digunakan oleh guru pria dan wanita dalam kerangka Kurikulum Merdeka. Pengumpulan data dilakukan melalui tiga instrumen: daftar periksa strategi pembelajaran, lembar observasi, dan panduan wawancara mendalam. Penelitian ini melibatkan satu guru pria dan satu guru wanita, keduanya mengajar di SMPN 4 Singaraja. Temuan menunjukkan kecenderungan guru pria untuk lebih memilih strategi Deductive Application of Rules, bagian dari Grammar Translation Method. Observasi mengungkapkan bahwa guru pria berulang kali meminta siswa untuk membuat kalimat sambil memasukkan unsur atau menerapkan aturan tata bahasa tertentu. Sebaliknya, guru wanita menunjukkan preferensi pada strategi Guided Discovery. Data menunjukkan bahwa dia secara konsisten mendorong siswa untuk membangun pengetahuan secara mandiri dengan bimbingan dan dukungannya selama sesi observasi. Kedua guru menyebutkan karakteristik siswa sebagai alasan utama preferensi strategi mereka masing-masing. Selain itu, kedua guru menunjukkan kesamaan dalam penggunaan strategi afektif, menggabungkan candaan dan pujian untuk menciptakan lingkungan belajar yang nyaman. Temuan ini mendukung teori mengenai gender dan preferensi. Namun, penelitian ini juga mengungkapkan bahwa meskipun adanya pergeseran paradigma yang dipromosikan oleh Kurikulum Merdeka, guru terus mengadaptasi strategi pembelajaran mereka dengan mengintegrasikan unsur-unsur teknik klasik untuk memenuhi kebutuhan siswa. Hal ini selaras dengan penekanan kurikulum pada otonomi guru dalam menyesuaikan pendekatan pembelajaran untuk memenuhi karakteristik siswa tertentu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | EFL, Gender, Kurikulum Merdeka, Preferensi, Strategi Mengajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Made Dian Juliani |
Date Deposited: | 07 May 2025 01:13 |
Last Modified: | 07 May 2025 01:13 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23881 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |