Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Mendukung Flipped Classroom pada Materi Bangun Ruang Kelas V SD

Wiyantini, Ni Ketut Ayu (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Mendukung Flipped Classroom pada Materi Bangun Ruang Kelas V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031029-COVER.pdf

Download (495kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031029-ABSTRAK.pdf

Download (152kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (120kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031029-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031029-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031029-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline 3 guna mendukung model flipped classroom pada materi Bangun Ruang untuk siswa kelas V SD. Pengembangan media menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Materi disusun berdasarkan kurikulum, kemudian dirancang menjadi media interaktif yang menarik dan mudah dipahami. Setelah dikembangkan, media ini diuji dan diperbaiki berdasarkan masukan dari ahli sebelum diterapkan dalam pembelajaran. Hasil uji validitas oleh ahli menunjukkan tingkat kelayakan 78,00%, 96,36%, dan 96,84%, yang menandakan bahwa media ini telah memenuhi standar kualitas dan layak digunakan. Uji kepraktisan yang melibatkan respon guru 94,66%, uji coba perorangan 95,75% dan kelompok kecil 89,99%, dengan aspek tampilan, materi, dan pengoperasian yang dinilai memenuhi standar kepraktisan. Media ini dinyatakan menarik, mudah digunakan, serta mampu meningkatkan minat belajar siswa dengan sedikit penyempurnaan pada penyampaian materi. Uji efektivitas menggunakan Paired Samples Test menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa, dengan rata-rata selisih 27,27. Nilai t-hitung 7,84 lebih besar dari t-tabel 2,08 dan p-value 0,00 < 0,05, yang mengindikasikan bahwa media ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Bangun Ruang. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif ini layak digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran flipped classroom di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Flipped Classroom, ADDIE, Bangun Ruang, Efektivitas
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Ketut Ayu Wiyantini
Date Deposited: 26 May 2025 00:25
Last Modified: 26 May 2025 00:25
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23897

Actions (login required)

View Item View Item