Kesuma, Putu Nadya Putri (2025) PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD BERTEMA BINATANG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SD NEGERI TULANGAMPIANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031504-COVER.pdf Download (677kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031504-ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031504-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (353kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031504-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031504-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (671kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031504-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031504-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031504-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (449kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031504-LAMPIRAN.pdf Download (19MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas I. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun, menganalisis kelayakan media, dan mengetahui efektivitas media flash card bertema binatang pada siswa kelas I. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data, yakni metode wawancara, observasi, dan kuesioner. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini meliputi ahli isi materi pembelajaran, ahli desain instruksional, ahli media pembelajaran, ahli kepraktisan, dan siswa kelas I sebagai subjek uji coba produk. Analisis data yang digunakan, yakni: analisis deskriptif kuantitatif, analisis deskriptif kualitatif, dan analisis statistik inferensial. Diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. (1) Hasil rancang bangun media flash card berbentuk media cetak bertemakan binatang yang dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE, (2) Hasil kelayakan media melalui uji ahli isi materi pembelajaran sebesar 94,79%, ahli desain instruksional sebesar 90,65%, ahli media pembelajaran sebesar 95%, ahli kepraktisan sebesar 90,62%, uji coba perorangan sebesar 95,83%, dan uji coba kelompok kecil sebesar 95,28%, (3) Hasil efektivitas flash card berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung sebesar 18,307 untuk db 33 dan ttabel sebesar 1,691, jika dibandingkan diperoleh thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran flash card bertema binatang efektif digunakan pada siswa kelas I sekolah dasar. Implikasi dari penelitian ini adalah dapat menjadikan pembelajaran lebih menarik sehingga berpengaruh positif terhadap hasil belajar khususnya meningkatkan keterampilan berbicara siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pengembangan, Flash Card, Keterampilan Berbicara. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Nadya Putri Kesuma |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 01:05 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 01:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23924 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |