Dewi, Ni Ketut Trianti (2025) PENGEMBANGAN E- MODUL INTERAKTIF BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI KEANEKARAGAMAN FLORA DAN FAUNA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 12 KARANGASEM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031031-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031031-ABSTRAK.pdf Download (834kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031031- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
2111031031- BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031031- BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR RUJUKAN)
2111031031- DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031031-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Pengembangan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan berkaitan dengan kurang pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran, dimana guru masih menggunakan bahan ajar berupa buku teks yang disediakan di sekolah, sehingga siswa kurang termotivasi dalam mengukiti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa E- Modul Interaktif berbasis Kontekstual pada pembelajaran IPAS materi Keanekaragaman Flora dan Fauna Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 12 Karangasem pada siswa kelas V yang berjumlah 21 orang. Hasil penelitian ini memnunjukkan bahwa hasil dari uji ahli isi/materi pembelajaran memperoleh skor 81,8%berada pada kategori baik, hasil dari uji ahli media pembelajaran memperoleh skor 95% berada pada kategori sangat baik, selanjutnya hasil dari uji perorangan pada 3 siswa memperoleh skor 82% berada pada kategori baikdan uji kelompok kecil pada 9 orang siswa memperoleh skor 81 berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil diatas, maka penelitian pengembangan E- Modul Interaktif berbasis kontekstual ini dinyatakan valid dan dapat membantu meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SD. Implikasinya, pengembangan teknologi dalam pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan relevan bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interaktif, Kontekstual, E-Modul |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Ketut Trianti Dewi |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 07:19 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 07:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23928 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |