MENINGKATKAN PEMAHAMAN KOGNITIF BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MEDIA POWER POINT INTERAKTIF

Swari, Luh Gede Mirah Indra (2025) MENINGKATKAN PEMAHAMAN KOGNITIF BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MEDIA POWER POINT INTERAKTIF. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031327-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031327-ABSTRAK.pdf

Download (583kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031327-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (370kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031327-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031327-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (799kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031327-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031327-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031327-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031327-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Hasil belajar bahasa indonesia siswa sekolah dasar masih tergolong rendah karena guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensial dalam mengajar dikelas, akibatnya siswa menjadi pasif, kurang berpikir kritis, dan kurang termotivasi untuk belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model problem-based learning berbantuan media power point interaktif untuk meningkatkan pemahaman kognitif siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dari penelitian ini terdiri atas 55 orang siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan model problem-based learning berbantuan media power point interaktif dan kelas kontrol yang diajarkan secara konvensional. Data yang dikumpulkan melalui tes objektif pilihan ganda dan di analisis menggunakan statistic deskriptif serta uji-t untuk mengukur perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kompetensi pengetahuan kognitif siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol (t_hitung = 2,149 > t_tabel = 2,006). Temuan ini menunjukkan bahwa kombinasi model problem-based learning berbantuan media power point interaktif efektif dalam meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya dalam memilih dan menerapkan model pembelajaran yang tepat sehingga nantinya akan berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Problem Based Learning, Power Point Interaktif, Kompetensi Kognitif, Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Luh Gede Mirah Indra Swari
Date Deposited: 16 Apr 2025 07:24
Last Modified: 16 Apr 2025 07:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23936

Actions (login required)

View Item View Item