Pratiwi, I Gusti Ayu Agung Sukma (2025) Prospective Teachers' Online Assessment Literacy of Fourth-Semester Students in English Language Education Study Program at Undiksha. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2112021183-COVER.pdf Download (906kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112021183-ABSTRAK.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021183-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021183-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021183-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021183-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021183-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021183-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112021183-LAMPIRAN.pdf Download (969kB) |
Abstract
Penilaian sangat penting bagi para pengajar karena dapat memberikan wawasan yang berguna mengenai pembelajaran siswa, efektivitas instruksional, dan kualitas kurikulum. Sejak merebaknya COVID-19, penilaian online telah banyak digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran online. Melakukan penilaian dengan menggunakan teknologi merupakan sebuah inovasi untuk membantu pekerjaan para pengajar, termasuk waktu yang lebih efisien dan fleksibel, proses belajar mengajar yang lebih menyeluruh, dan memberikan umpan balik yang cepat. Calon guru harus menguasai prinsip-prinsip penilaian karena hal itu merupakan landasan dari proses belajar mengajar yang baik, dan mereka harus dapat membuat tes yang bisa mengukur perolehan informasi dan pengembangan keterampilan dengan baik. Penelitian ini menyelidiki literasi penilaian online calon guru pada mahasiswa semester empat di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Undiksha, berkonsentrasi pada karakteristik kategoris yang berdampak pada tingkat literasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuesioner yang disebarkan kepada 112 mahasiswa semester empat. Penelitian ini berfokus pada tujuh dimensi literasi asesmen: memilih, mengembangkan, mengelola, menggunakan keputusan, menggunakan penilaian, berkomunikasi, dan mengenali etika. Desain penelitian yang digunakan adalah cross-sectional research design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki tingkat literasi asesmen daring yang sedang, tanpa adanya perbedaan signifikan berdasarkan jenis kelamin. Tantangan utama yang diidentifikasi meliputi masalah teknis, memberikan umpan balik yang efektif, dan memastikan reliabilitas serta validitas asesmen. Penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan professional dan pelatihan yang terarah. Peningkatan berkelanjutan dalam literasi asesmen daring sangat penting untuk mempersiapkan calon guru bagi pengajaran dan penilaian yang efektif di era digital.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | asesmen literasi daring, mahasiswa semester empat, calon guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | I Gusti Ayu Agung Sukma Pratiwi |
Date Deposited: | 15 May 2025 01:21 |
Last Modified: | 15 May 2025 01:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23966 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |