Seputra, I Gede Dika (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PBL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI IKLAN SISWA KELAS V SD NEGERI 3 BITERA KECAMATAN GIANYAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031496-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031496-ABSTRAK.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031496-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031496-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (533kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031496-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (653kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031496-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031496-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031496-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031496-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun, validitas, kepraktisan serta efektivitas multimedia interaktif berbasis PBL pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi iklan siswa kelas V SD Negeri 3 Bitera Kecamatan Gianyar. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek uji coba dalam penelitian ini terdiri dari 2 orang ahli materi, 1 orang ahli desain instruksional, 1 orang ahli media pembelajaran, 3 orang siswa uji coba perorangan, 9 orang siswa uji coba kelompok kecil, 1 orang guru kelas V dan 32 siswa kelas V subjek uji coba efektivitas multimedia interaktif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan tes. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah angket dan soal pilihan ganda Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa: (1) multimedia interaktif berbasis PBL pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi iklan memperoleh validitas sebesar 94,5% pada isi muatan pembelajaran, 90,9 pada desain instruksional dan 90,62% pada media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik. (2) multimedia interaktif berbasis PBL pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi iklan dikategorikan sangat praktis dengan hasil kepraktisan 90,83 pada uji perorangan, 90,55 pada uji coba kelompok kecil dan 97,91 pada uji kepraktisan guru dengan kualifikasi sangat baik (3) pengujian hipotesis memperoleh nilai pengujian hipotesis memperoleh nilai thitung > ttabel ( 15,575 > 1,695) Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan pada kelas sebelum dan sesudah dibelajarkan multimedia interaktif berbasis PBL pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi iklan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Multimedia Interaktif, PBL, Iklan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gede Dika Seputra |
Date Deposited: | 19 Apr 2025 11:07 |
Last Modified: | 19 Apr 2025 11:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23971 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |