PENGARUH MODEL OPEN-ENDED BERBANTUAN GAME EDUKASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SDN GUGUS I GUSTI KETUT PUDJA DENPASAR SELATAN TAHUN AJARAN 2024/2025

Purwandari, Luh Made Maytrinita Laksmi (2025) PENGARUH MODEL OPEN-ENDED BERBANTUAN GAME EDUKASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SDN GUGUS I GUSTI KETUT PUDJA DENPASAR SELATAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031059-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031059-ABSTRAK.pdf

Download (772kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031059-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (574kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031059-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031059-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (908kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031059-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (811kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031059-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031059-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (570kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031059-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model open-ended berbantuan game edukasi terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa kelas V di SDN Gugus I Gusti Ketut Pudja Kecamatan Denpasar Selatan tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu dengan rancangan desain penelitian Non-Equivalent Post-Test Only Control Group Design dan rancangan analisis data Independent Sample T-Test. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 147 orang siswa dari 3 sekolah dasar negeri yang berbeda. Seluruh populasi disetarakan dengan uji Anava, setelah populasi dinyatakan setara, untuk pengambilan sampel ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling dan diperoleh kelompok eksperimen yaitu kelas V SD Negeri 3 Renon sebanyak 30 orang siswa dan kelompok kontrol yaitu kelas V SD Negeri 5 Panjer sebanyak 32 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes berbentuk essay. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik inferensial menggunakan uji-T Polled Varians. Hasil analisis hipotesis diperoleh bahwa Thitung lebih besar dari Ttabel, yaitu 5,14 > 2,00 dengan dk penyebut yaitu 60 dan dk pembilang yaitu 1 pada α = 5% sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa yang dibelajarkan dengan model open-ended berbantuan game edukasi dan kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa yang tidak dibelajarkan dengan model open-ended berbantuan game edukasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model open-ended berbantuan game edukasi berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa kelas V di SDN Gugus I Gusti Ketut Pudja Kecamatan Denpasar Selatan tahun ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Open-Ended, Game Edukasi, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Luh Made Maytrinita Laksmi Purwandari
Date Deposited: 19 Apr 2025 11:20
Last Modified: 19 Apr 2025 11:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23979

Actions (login required)

View Item View Item