Purwandari, Luh Made Maytrinita Laksmi (2025) PENGARUH MODEL OPEN-ENDED BERBANTUAN GAME EDUKASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SDN GUGUS I GUSTI KETUT PUDJA DENPASAR SELATAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
| 
              
Text (COVER)
 2111031059-COVER.pdf Download (1MB)  | 
          |
| 
              
Text (ABSTRAK)
 2111031059-ABSTRAK.pdf Download (772kB)  | 
          |
| 
              
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
 2111031059-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (574kB)  | 
          |
| 
              
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
 2111031059-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
 2111031059-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (908kB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
 2111031059-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (811kB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
Text (BAB 5 PENUTUP)
 2111031059-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (533kB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
Text (DAFTAR PUSTAKA)
 2111031059-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (570kB)  | 
          |
| 
              
Text (LAMPIRAN)
 2111031059-LAMPIRAN.pdf Download (5MB)  | 
          
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model open-ended berbantuan game edukasi terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa kelas V di SDN Gugus I Gusti Ketut Pudja Kecamatan Denpasar Selatan tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu dengan rancangan desain penelitian Non-Equivalent Post-Test Only Control Group Design dan rancangan analisis data Independent Sample T-Test. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 147 orang siswa dari 3 sekolah dasar negeri yang berbeda. Seluruh populasi disetarakan dengan uji Anava, setelah populasi dinyatakan setara, untuk pengambilan sampel ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling dan diperoleh kelompok eksperimen yaitu kelas V SD Negeri 3 Renon sebanyak 30 orang siswa dan kelompok kontrol yaitu kelas V SD Negeri 5 Panjer sebanyak 32 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes berbentuk essay. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik inferensial menggunakan uji-T Polled Varians. Hasil analisis hipotesis diperoleh bahwa Thitung lebih besar dari Ttabel, yaitu 5,14 > 2,00 dengan dk penyebut yaitu 60 dan dk pembilang yaitu 1 pada α = 5% sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa yang dibelajarkan dengan model open-ended berbantuan game edukasi dan kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa yang tidak dibelajarkan dengan model open-ended berbantuan game edukasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model open-ended berbantuan game edukasi berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa kelas V di SDN Gugus I Gusti Ketut Pudja Kecamatan Denpasar Selatan tahun ajaran 2024/2025.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Open-Ended, Game Edukasi, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa | 
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) | 
| Depositing User: | Luh Made Maytrinita Laksmi Purwandari | 
| Date Deposited: | 19 Apr 2025 11:20 | 
| Last Modified: | 19 Apr 2025 11:20 | 
| URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23979 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
