Ningsih, Kadek Ayu Mira Purnama (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PPKn SISWA KELAS V SD GUGUS V DR. SOETOMO DENPASAR SELATAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (1611031069-COVER)
1611031069-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (1611031069-ABSTRAK)
1611031069-ABSTRAK.pdf Download (224kB) |
|
Text (1611031069-BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031069-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (391kB) |
|
Text (1611031069-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031069-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) | Request a copy |
|
Text (1611031069-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031069-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (913kB) | Request a copy |
|
Text (1611031069-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031069-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (650kB) | Request a copy |
|
Text (1611031069-BAB 5 PENUTUP)
1611031069-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) | Request a copy |
|
Text (1611031069-DAFTAR PUSTAKA)
1611031069-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (433kB) |
|
Text (1611031069-LAMPIRAN)
1611031069-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Murujuk pada masalah yang ditemui, maka penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran time token berbantuan media audio viual terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas V SD Gugus V Dr. Soetomo Denpasar Selatan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis dari penelitian ini adalah quasy experiment serta dipilih ranangan the posttest-only non-equivalent control group design. Melalui teknik cluster random sampling terpilih dua kelas sebagai sampel yaitu kelas VA SD Negeri 9 Sesetan serta kelas V SD Negeri 14 Sesetan dari 6 kelas anggota populasi yaitu seluruh kelas V SD Negeri Gugus V Dr. Soetomo. Pengumpulan data untuk mengetahui kompetensi pengetahuan PPKn siswa dengan method tes, setelah itu dianalisis menggunakan uji-t. Dari hasil perhitungan didapatkan nilai mean kelompok experiment lebih besar jika dibandingkan dengan nilai mean kelompok control (77,28>70,32). Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung = 2,937 sedangkan perolehan ttabel = 1,993 dari hal tersebut maka thitung > ttabel (2,937 > 1,993). Sehingga hal tersebut membuktikan terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PPKn antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran time token berbantuan media audio visual dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Time Token berbantuan media Audio Visual terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas V SD Gugus V Dr. Soetomo Denpasar Selatan Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata-kata kunci: time token, audio visual, kompetensi pengetajuan PPKn.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | time token, audio visual, kompetensi pengetajuan PPKn. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Ayu Mira Purnama Ningsih |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 13:50 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 13:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2398 |
Actions (login required)
View Item |