PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS TEORI APOS TERHADAP KEFASIHAN KEFASIHAN PROSEDURAL SISWA KELAS IV DI SD NEGERI GUGUS JENDERAL SUDIRMAN KECAMATAN DENPASAR SELATAN TAHUN AJARAN 2024/2025

Lastari, Kadek Pramita Pradnya Adi (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS TEORI APOS TERHADAP KEFASIHAN KEFASIHAN PROSEDURAL SISWA KELAS IV DI SD NEGERI GUGUS JENDERAL SUDIRMAN KECAMATAN DENPASAR SELATAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031523-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031523-ABSTRAK.pdf

Download (632kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031523-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (583kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031523-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031523-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (910kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031523-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (793kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031523-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031523-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (556kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031523-LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Berbasis APOS terhadap kefasihan prosedural siswa kelas IV di SD Negeri Gugus Jenderal Sudirman Kecamatan Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu dengan rancangan desain penelitian Non-Equivalent Post-Test Only Control Group Design dan rancangan analisis data eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini sebanyak 245 orang siswa dari 5 sekolah negeri yang berbeda. Seluruh populasi disetarakan dengan Uji Anava, setelah populasi dinyatakan setara, untuk pengambilan sampel ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling, lalu diperoleh kelompok eksperimen yaitu kelas IV SD Negeri 2 Serangan sebanyak 28 orang siswa, dan kelompok kontrol yaitu kelas IV SD Negeri 3 Serangan sebanyak 33 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes berbentuk essay atau subjektif. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial menggunakan Uji-T Polled Varians. Hasil analisis hipotesis diperoleh bahwa Thitung lebih besar dari Ttabel yaitu 4,25 > 2,001 dengan dk penyebut yaitu 59 dan dk pembilang yaitu 1 pada α = 5% sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yaitu terdapat perbedaan yang signifikan kefasihan prosedural siswa yang dibelajarkan dengan Pembelajaran Berbasis Teori APOS dan kefasihan prosedural siswa yang tidak dibelajarkan dengan Pembelajaran Berbasis Teori APOS. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Teori APOS berpengaruh terhadap Kefasihan Prosedural Siswa kelas IV di SD Negeri Gugus Jenderal Sudirman Kecamatan Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Teori APOS, Kefasihan Prosedural, Eksperimen Semu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Pramita Pradnya Adi Lastari
Date Deposited: 19 Apr 2025 11:22
Last Modified: 19 Apr 2025 11:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23980

Actions (login required)

View Item View Item