PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF WORDWALL QUIZ BERBASIS HOTS PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Tiarawati, Putu (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF WORDWALL QUIZ BERBASIS HOTS PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031131-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031131-ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031131-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (363kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031131-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031131-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031131-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031131-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031131-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031131-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini membahas permasalahan rendahnya hasil belajar IPAS siswa, dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran untuk mendukung proses pembelajaran di kelas V SD yang menjadi salah satu faktor rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu: (1) menganalisis rancang bangun produk media pembelajaran Wordwall Quiz berbasis HOST, (2) menganalisis validitas isi produk media pembelajaran Wordwall Quiz berbasis HOST, (3) menganalisis kepraktisan produk media pembelajran Wordwall Quiz berbasis HOST, dan (4) menganalisis efektivitas produk media Wordwall Quiz berbasis HOST pada muatan pembelajaran IPAS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah D asar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan, yaitu (1) analyze , (2) design , (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu koesioner/angket dan tes. Jenis analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini diantaranya ahli media, ahli materi, praktisi (guru) dan siswa kelas V. hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Hasil validitas materi memperoleh skor sebesar 3,8 dengan kualifikasi sangat layak, dan validitas media memperoleh skor 3,9 dengan kualifikasi sangat layak. (2) Hasil tingkat kepraktisan oleh praktisi guru memperoleh skor 96,6% dengan kualifikasi sangat praktis, memperoleh kepraktisan oleh respon kelompok kecil siswa sebesar 98,87%, dan memperoleh kepraktisan oleh respok perorangan siswa sebesar 97,3%. (3) Hasil uji efektivitas media Wordwall Quiz berbasis HOTS untuk meningkatkan hasil belajar siswa menunjukan bahwa media memeiliki efektivitas yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa.Maka dapat disimpulkan bahwa, media Wordwall Quiz berbasis HOTS merupakan media pembelajaran yang interaktif untuk mendukung terciptanya proses pembelajaran yang optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: wordwall quiz, HOTS, IPAS, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Putu Tiarawati
Date Deposited: 20 Apr 2025 03:46
Last Modified: 20 Apr 2025 03:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23982

Actions (login required)

View Item View Item