Murtini, Kadek Dwi (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS HOTS BERBANTUAN LIVEWORKSHEETS PADA MATERI KONDISI PEREKONOMIAN DI DAERAHKU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031023-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031023-ABSTRAK.pdf Download (476kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (494kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (604kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODOLOGI)
2111031023-BAB 3 METODELOGI.pdf Restricted to Repository staff only Download (628kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031023-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031023-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (384kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031023-LAMPIRAN.pdf Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media E-LKPD berbasis HOTS berbantuan Liveworksheets pada Materi Kondisi Perekonomian di Daerahku untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD yang valid, praktis dan efektif. Penelitian yang dilakukan ialah penelitian pengembangan (Research & Development) serta menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner dan tes uraian. Data validitas media bersumber dari ahli media pembelajaran dan ahli materi IPAS. Data tentang kepraktisan media bersumber dari respon praktisi (guru) kelas V SD, uji perorangan 3 orang siswa, serta uji kelompok kecil 9 orang siswa kelas V SD. Pengujian untuk mengukur efektivitas produk dilakukan dengan menggunakan desain one group pretest posttest pada jumlah sampel sebanyak 28 orang siswa kelas V SD. Hasil data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) rata-rata skor ahli materi sebesar 4,87 dan rata-rata skor ahli media sebesar 4,85 dengan kualifikasi sangat baik, (2) uji praktisi memperoleh persentase sebesar 96%, uji coba perorangan memperoleh persentase sebesar 97%, dan uji keompok kecil memperoleh persentase sebesar 97,67% dengan kualifikasi sangat baik, serta (3) E-LKPD berbasis HOTS berbantuan Liveworksheets efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Kondisi Perekonomian di Daerahku kelas V SD. Sehingga dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis HOTS layak, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa materi Kondisi Perekonomian di Daerahku kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD, HOTS, Kemampuan Berpikir Kritis, IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Dwi Murtini |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 00:34 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 00:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23983 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |