Widiastini, Kadek Sri (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS MASALAH MATA PELAJARAN IPAS PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI SISWA KELAS IV TAHUN AJARAN 2024/2025 SD SARASWATI 1 DENPASAR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031287-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031287-ABSTRAK.pdf Download (675kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031287-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (646kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031287-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (743kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031287-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031287-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031287-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (742kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031287-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (636kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031287-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis masalah materi kegiatan ekonomi. (2) mengetahui kualitas media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis masalah materi kegiatan ekonomi yang ditinjau dari rancang bangun, isi, desain instruksional, media pembelajaran, uji coba perorangan dan kelompok kecil. (3) mengetahui efektivitas media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis masalah materi kegiatan ekonomi. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda biasa, kuesioner dan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian adalah (1) Rancang bangun media pembelajaran powerpoint interaktif dengan hasil penilaian rancang bangun dari ahli rancang bangun dengan persentase 92,5% yang berada pada kualifikasi (sangat baik). (2) Kualitas media pembelajaran powerpoint interaktif menunjukkan hasil uji ahli isi muatan pelajaran sebesar 91,6% (sangat baik), uji ahli desain instrusional sebesar 91,6% (sangat baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 93% (sangat baik), uji coba perorangan sebesar 96,67% (sangat baik) dan uji coba kelompok kecil sebesar 95,8% (sangat baik), serta (3) hasil uji efektivitas produk memperoleh thitung = 13,320> ttabel = 2,042 pada taraf signifikansi 5% untuk dk = 30 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis masalah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk powerpoint interaktif berbasis masalah efektif diterapkan pada muatan pelajaran IPAS khususnya materi kegiatan ekonomi kelas IV di SD Saraswati 1 Denpasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Powerpoint Interaktif, Model Pemebelajaran Berbasis Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Sri Widiastini |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 02:19 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 02:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23991 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |