PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS POWTOON MATA PELAJARAN SISTEM REFRIGERASI BAGI SISWA SMK

Wibawa, Made Dewa Satria (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS POWTOON MATA PELAJARAN SISTEM REFRIGERASI BAGI SISWA SMK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1614101044-COVER.pdf

Download (221kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1614101044-ABSTRAK.pdf

Download (49kB)
[img] Text (BAB 1)
1614101044-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (145kB)
[img] Text (BAB 2)
1614101044-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
1614101044-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
1614101044-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
1614101044-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1614101044-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1614101044-LAMPIRAN.pdf

Download (249kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis PowToon pada Mata Pelajaran Sistem Refrigerasi bagi siswa SMK. 2) Untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran audio visual berbasis PowToon menurut ahli materi dan ahli media pada Mata Pelajaran Sistem Refrigerasi bagi siswa SMK. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian (R&D) Research and Development, dengan model pengembangan 4D (Four-D Models), yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran (deseminate). Pada penelitian ini hanya dilakukan 3 tahap, yaitu tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (development). Hasil penelitian ini adalah 1) memahami pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis PowToon pada Mata Pelajaran Sistem Refrigerasi bagi siswa SMK, 2) mengetahui tingkat kelayakan dan tanggapan siswa pada media pembelajaran audio visual berbasis PowToon menurut ahli materi, ahli media, uji kelompok kecil dan uji kelompok besar pada Mata Pelajaran Sistem Refrigerasi bagi siswa SMK. Penilaian dari ahli materi yaitu sangat layak dengan persentase nilai sebesar 87,70%. Penilaian dari ahli media memperoleh kriteria sangat layak dengan persentase nilai sebesar 91,16%. Dalam Uji Coba Kelompok Kecil memperoleh kriteria sangat layak dengan persentase nilai sebesar 90,33%. Dalam Uji Coba Kelompok Besar memperoleh kriteria sangat layak dengan persentase nilai sebesar 88%. Berdasarkan hasil tersebut dapat dinyatakan media ini sangat layak dari segi materi dan media, serta tanggapan dari siswa, sehingga media ini dapat dinyatakan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Audio Visual, Dasar-dasar Refrigerasi, Media Pembelajaran, PowToon.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1)
Depositing User: Dewa Made Satria Wibawa
Date Deposited: 27 Jul 2020 00:46
Last Modified: 27 Jul 2020 00:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2401

Actions (login required)

View Item View Item