PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBANTUAN APLIKASI TEKA-TEKI SILANG (TTS) GAME DENGAN BERLANDASKAN TRI HITA KARANA TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Andeni, Ni Kadek Henny Wila (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBANTUAN APLIKASI TEKA-TEKI SILANG (TTS) GAME DENGAN BERLANDASKAN TRI HITA KARANA TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031047-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031047-ABSTRAK.pdf

Download (305kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031047-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (354kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031047-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031047-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031047-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031047-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031047-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031047-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dari hasil wawancara dan observasi yang telah dilakukan di sekolah ditemukan bahwa hasil belajar kognitif IPAS siswa kelas IV SDN Gugus VII Kecamatan Sukasada tahun ajaran 2024/2025 rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran inquiry berbantuan media aplikasi teka-teki silang (tts) game dengan berlandaskan tri hita karana terhadap hasil belajar kognitif IPAS siswa kelas IV SDN gugus VII Kecamatan Sukasada tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini meggunakan desain quasy experimental design dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi penelitian sebanyak 147 siswa, penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, dan kelas eksperimen dan kontrol akan diberikan pretest kemudian disetarakan dengan uji anava. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, yakni tes objektif. Teknik analisis data dalam penelitian ini ada dua yakni analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Diketahui hasil analisis dari nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, nilai ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inquiry berbantuan media aplikasi teka-teki silang (tts) game dengan berlandaskan tri hita karana terhadap hasil belajar kognitif IPAS siswa kelas IV Sekolah Dasar. Implikasi dari penelitian ini secara praktis dapat digunakan oleh guru sebagai acuan dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: inquiry, media teka-teki silang, tri hita karana, hasil belajar IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Henny Wila Andeni
Date Deposited: 25 Apr 2025 06:47
Last Modified: 25 Apr 2025 06:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24013

Actions (login required)

View Item View Item