PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SD GUGUS I KUTA SELATAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Pratiwi, Ni Wayan Aprillia (2020) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SD GUGUS I KUTA SELATAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031118-COVER.pdf

Download (686kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031118-ABSTRAK.pdf

Download (284kB)
[img] Text (BAB 1)
1611031118-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (181kB)
[img] Text (BAB 2)
1611031118-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
1611031118-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
1611031118-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
1611031118-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031118-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031118-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Project Based Learning berbantuan media konkret terhadap kompetensi Pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus I Kuta Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Eksperimen semu digunakan dalam penelitian ini dengan desain nonequivalent control group desain. Jumlah seluruh siswa kelas V SD Gugus I Kuta Selatan Tahun 2019/2020 sebanyak 13 kelas terdiri dari 371 siswa yang dijadikan sebagai populasi penelitian. Random sampling digunakan untuk memilih sampel. Kelompok eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas VB SD No.9 Benoa dengan jumlah 32 siswa dan kelompok kontrol kelas VA SD No.3 Benoa dengan jumlah 33 siswa. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan menggunakan instrumen tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 31 butir soal yang telah divalidasi. Data kompetensi pengetahuan IPA selanjutnya dianalisis menggunakan uji t polled varian. Berdasarkan hasil analisis uji t diperoleh thitung = 4,17. Nilai tersebut kemudian dibandingkan dengan nilai ttabel dengan dk = 63. Dengan taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh nilai ttabel = 2,000 berarti Ho ditolak, karena thitung = 4,17 > ttabel = 2,000. Demikian pula rata-rata kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok eksperimen x ̅=81,43> x ̅=70,33 rata-rata kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok kontrol. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah model Project Based Learning berbantuan media konkret berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus I Kuta Selatan Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, media konkret, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI WAYAN APRILLIA PRATIWI
Date Deposited: 27 Jul 2020 10:20
Last Modified: 27 Jul 2020 10:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2403

Actions (login required)

View Item View Item