Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Melalui Setting Lesson Study Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa SD Kelas IV Gugus IV Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020

WIDIASARI, NI KADEK RINA (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Melalui Setting Lesson Study Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa SD Kelas IV Gugus IV Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1611031171-COVER.pdf

Download (812kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031171-ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031171-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (155kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031171-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1611031171-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031171-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031171-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031171-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031171-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation melalui setting lesson study dan kelompok siswa yang dibelajarkan tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation melalui setting lesson study pada siswa SD kelas IV Gugus IV Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimen semu dengan rancangan penelitian non-equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 162 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling, diperoleh kelas IV SDN 1 Penglatan berjumlah 27 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SDN 3 Penglatan berjumlah 23 siswa sebagai kelompok kontrol. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data kompetensi pengetahuan IPA kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis data, diperoleh rata-rata kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok eksperimen, yakni 17,43 lebih besar dari rata-rata kelompok kontrol, yakni 14,27. Selain itu nilai thitung = 2,77 > ttabel = 2,01 untuk signifikansi 5% sehingga H1 diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe group investigation melalui setting lesson study berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa SD kelas IV Gugus IV Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020. Dengan adanya model pembelajaran ini akan menjadi alternatif guru dalam merancang proses pembelajaran yang lebih inovatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Group investigation, lesson study, kompetensi pengetahuan IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI KADEK RINA WIDIASARI
Date Deposited: 28 Jul 2020 06:20
Last Modified: 28 Jul 2020 06:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2406

Actions (login required)

View Item View Item