Ariyani, Eva Zulfa (2025) Peran Guru Dalam Penanaman Karakter Tanggung Jawab Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila di SMA Negeri 4 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2114041033-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2114041033-ABSTRAK.pdf Download (28kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2114041033-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2114041033-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2114041033-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114041033-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2114041033-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114041033-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2114041033-LAMPIRAN.pdf Download (919kB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki beberapa tujuan yaitu mengkaji secara mendalam bagaimana implementasi penanaman karakter dilakukan, mengidentifikasi metode yang diterapkan oleh pendidik, serta mengenali faktor-faktor yang mendukung dan persepsi yang berkembang dalam proses tersebut. Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dipilih oleh peneliti guna memperoleh pemahaman yang komprehensif. Data dikumpulkan melalui pertemuan langsung dengan narasumber untuk wawancara, kunjungan dan pengamatan lapangan, pengambilan dokumentasi, dan telaah literatur. Subjek penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive sampling, sementara proses analisis data mencakup tahapan pengumpulan informasi, penyaringan (reduksi), penyajian hasil, hingga penarikan simpulan. Berdasarkan hasil investigasi, nilai karakter tanggung jawab telah diintegrasikan secara menyeluruh dalam proses pembelajaran di lingkungan sekolah. Menurut kepala sekolah dan guru, nilai ini tidak sekadar diajarkan secara konseptual, melainkan juga diterapkan secara nyata dalam pembelajaran, khususnya melalui mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Kolaborasi antara keteladanan yang ditunjukkan oleh guru dan pelaksanaan Kurikulum Merdeka dinilai sebagai pendekatan yang potensial dan strategis dalam perwujudan sikap tanggung jawab dari para siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran guru, Karakter, tanggung jawab, Pendidikan pancasila |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1) |
Depositing User: | Eva zulfa ariyani |
Date Deposited: | 07 May 2025 03:33 |
Last Modified: | 07 May 2025 03:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24065 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |