Pengaruh Model Brain Based Learning Berbantuan Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2019/2020

Wulansari, Ni Kadek Ayu Mita (2020) Pengaruh Model Brain Based Learning Berbantuan Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031236-COVER.pdf

Download (997kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031236-ABSTRAK.pdf

Download (308kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031236-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (408kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031236-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031236-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (767kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031236-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031236-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031236-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031236-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini yaitu: kurang maksimalnya penguasaan pendidik terhadap model dan media pembelajaran inovatif, siswa dibebani dengan banyak materi tanpa ada jeda untuk memberikan waktu kepada otak untuk memproses materi yang diberikan, pembelajaran berlangsung kurang efektif serta terkesan membosankan, kurangnya partisipasi serta keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, pembelajaran yang berlangsung di kelas kurang bervariasi sehingga berdampak terhadap hasil belajar siswa. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model brain-based learning berbantuan animasi terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan desain Nonequivalent Control Group Design.Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD dengan jumlah siswa 129. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Lab Singaraja yang berjumlah 70 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dalam bentuk tes pilihan ganda yang sudah divalidasi. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh thitung = 9,66pada taraf signifikansi 5% dan db = 68 diperoleh nilai ttabel = 2,00 sehingga thitung = 9,66 > ttabel = 2,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif model brain-based learning berbantuan animasi terhadap hasil belajar ipa. Model brain-based learning berbatuan animasi dapat diaplikasikan pada pelajaran ipa di sekolah dasar sebagai upaya utuk meningkatkan hasil belajar siswa secara maksimal pada pelajaran ipa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: BBL, animasi, hasil belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI KADEK AYU MITA WULANSARI
Date Deposited: 26 Jul 2020 13:05
Last Modified: 26 Jul 2020 13:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2411

Actions (login required)

View Item View Item